Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Daun Pepaya Apa Saja? Berikut 9 Daftarnya...

Kompas.com - 31/05/2024, 18:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Daun pepaya mengandung banyak senyawa aktif, termasuk papain, flavonoid, asam askorbat, dan glukosida cyanogenic yang baik untuk kesehatan. Lantas, manfaat daun pepaya apa saja?

Dibalik rasanya yang pahit, daun pepaya bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, menurunkan kadar gula darah, dan memelihara kesehatan jantung.

Simak ulasan berikut untuk mengetahui manfaat daun pepaya lainnya.

Baca juga: Benarkah Daun Pepaya Bisa Obati Demam Berdarah?

Manfaat daun pepaya apa saja?

Daun pepaya dapat diolah dengan cara direbus, ditumis, maupun dijus. Berikut beberapa potensi manfaat daun pepaya bagi tubuh yang perlu Anda ketahui:

  • Sumber energi

Dikutip dari Siloam Hospitals, daun pepaya tinggi karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai tambahan energi bagi tubuh.

Serat pada daun pepaya juga dapat mempertahankan rasa kenyang sehingga mencegah makan berlebihan yang dapat memicu kenaikan berat badan.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Daun pepaya mengandung chymopapain, papain, dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, kembung, mulas, dan melancarkan buang air besar.

Manfaat itu didapat karena daun pepaya mengandung serat yang dapat memecah protein menjadi asam amino yang lebih mudah dicerna.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas daun pepaya dalam meredakan gangguan pencernaan.

  • Menurunkan gula darah

Dilansir dari Healthline, daun pepaya dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes maupun pradiabetes karena kaya senyawa antioksidan.

Antioksidan yang terkandung pada daun pepaya dapat melindungi sel-sel penghasil hormon insulin dari kerusakan dan kematian dini.

Untuk diketahui, hormon insulin berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah dengan mengirimkan sinyal pada sel lemak, otot, dan hati untuk mengangkut glukosa lalu diubah menjadi gula otot dan trigliserida sebagai cadangan energi.

  • Mencegah kanker

Daun pepaya mengandung likopen yang memiliki sifat anti-kanker. Ekstrak daun pepaya yang kaya antioksidan juga dapat menetralisir aktivitas sel kanker.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain, dan alkaloid yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C yang terkandung pada daun pepaya juga dapat menambah imunitas, mempercepat penyembuhan luka, mengganti sel tubuh yang rusak, dan mendukung pertumbuhan jaringan tubuh.

Baca juga: Apakah Daun Pepaya Bisa Menurunkan Gula Darah?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com