Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Sehat, Makanlah Ini Tiap Hari

Kompas.com - 14/07/2010, 14:14 WIB

Kompas.com - Ada berbagai jenis bahan makanan yang terbukti sehat dan menyehatkan. Terkadang kita sulit memilih mana yang harus ada dalam menu harian kita. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

1. Bayam Sayur bayam adalah jenis sayuran yang sudah akrab di lidah orang Indonesia. Selain segar, sayur favorit Popeye ini punya banyak khasiat, antara lain kaya akan omega-3 nabati dan asam folat. Omega-3 akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan osteoporosis.

Sedangkan asam folat akan meningkatkan aliran darah ke bagian bawah dan membantu Anda terhindar dari masalah seksual akibata proses penuaan. Sementara itu kandungan lutein dalam bayam akan membantu kita melawan penyakit degenarasi makula yang menjadi penyebab kebutaan pada orang lanjut usia.

2.Yogurt Berbagai negara dan budaya mengklaim yogurt sebagai bagian dari kreasi negara mereka. Namun, jenis bahan makanan berusia lebih dari 2000 tahun ini punya khasiat yang tak perlu diragukan lagi. Kandungan bakteri baik dalam yogurt terbukti meningkatkan sistem imun dan memberi perlindungan melawan sel kanker. Tapi tidak semua yogurt mengandung probiotik. Karena itu pastikan dalam kemasan tertulis "bakteri hidup dan aktif".

3. Tomat Ada dua hal yang perlu Anda ketahui tentang tomat. Pertama, buah warna merah sangat baik karena berarti kaya akan kandungan antioksidan likopen. Kedua, tomat yang sudah dimasak justru lebih baik daripada yang segar karena membuat likopen lebih mudah diserap tubuh.

Penelitian menunjukkan pola makan yang kaya akan likopen akan menjauhkan kita dari gangguan kandung kemih, penyakit paru, prostat, kanker kulit dan perut, serta mengurangi risiko terkena penyakit arteri koroner.

4. Wortel Kebanyakan buah atau sayur berwarna merah, kuning, dan juga oranye, kaya akan kandungan karotenoid, jenis lemak larut yang berkaitan dengan penurunan risiko kanker, peradangan, asma, serta rematatik artritis. Untuk mendapatkan seluruh manfaat itu, konsumsi saja wortel karena praktis dan memiliki kandungan kalori yang rendah.

5. Oatmeal Rasanya ini adalah jenis makanan sehat yang banyak direkomendasikan berbagai pakar kesehatan. Oatmeal kaya akan serat yang efektif mengurangi risiko penyakit jantung. Bahan pangan ini juga mengandug karbohidrat namun aman untuk penderita diabetes karena gula yang dihasilkan di lepaskan perlahan. Oatmeal juga mengandung 10 gram protein per setengah cangkir saji sehingga bisa menjadi sumber energi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com