Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Pilih Sepatu Bisa Osteoarthritis

Kompas.com - 15/12/2010, 09:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaum hawa ada baiknya memilih sepatu yang pas digunakan untuk mendukung kegiatan sehari-harinya. Jangan terpaku pada sisi merek atau model sepatu yang sedang anyar saat ini. Merek anyar tidak jadi jaminan menyehatkan kaki Anda.

Pemilihan model sepatu yang kurang tepat ternyata berakibat buruk bagi kesehatan kaki. Bahkan, model sepatu yang salah dapat menyebabkan osteoarthritis (OA). Hal itu diungkapkan oleh Suhanto Kasmali, Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Mediros.

Lantas, bagaimana pilihan model sepatu yang baik untuk kesehatan tulang? Selain pas di kaki, sepatu yang baik ternyata harus memiliki hak atau heel antara tiga hingga lima centimeter (cm). Namun, ada catatannya. Hak sepatu tersebut harus kuat sehingga mampu menopang tubuh ketika berjalan.

Bahan sepatu juga penting. Yang direkomendasikan adalah baban kulit luar sepatu sebaiknya tidak berbahan kain, namun elastis. Contohnya, bahan dari kulit. (Raymond Reynaldi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com