Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peregangan Singkat Pereda Cemas

Kompas.com - 26/02/2011, 12:30 WIB

Kompas.com - Bicara jurus mengusir stres, kebanyakan ingatan kita akan langsung melayang ke sentuhan tangan pemijat di spa, tidur di kamar yang nyaman atau duduk santai di depan televisi. Padahal, stres bisa datang kapan saja, termasuk di tengah tuntutan pekerjaan. Lakukan tiga jurus sederhana berikut untuk menghilangkan tekanan pikiran Anda.

Saat sedang gugup dan cemas

Cobalah melakukan meditasi sambil berjalan. Berjalanlah empat langkah lalu tarik napas, ulangi selama tiga menit. Tarikan napas dan peregangan tubuh ketika kaki melangkah bisa meredakan kecemasan yang sedang melanda.

Saat butuh waktu sendiri

Untuk memusatkan kembali tubuh dan pikiran, duduklah di lantai dalam posisi yang nyaman dan punggung tegak. Tarik napas perlahan selama tiga detik, lalu dengan lembut buang napas untuk tiga detik berikutnya. Akan membantu jika Anda mengenakan jam tangan. Ulangi kegiatan ini selama tiga menit.

Saat sedang tegang

Duduklah dengan tegak di kursi Anda dengan kedua telapak kaki menyentuh lantai. Tarik napas sambil membungkukkan kepala dan pundak hingga pandangan Anda mencapai lutut. Lalu buang napas sambil tegakkan punggung dan kepala menengadah.

Cara lain, angkat kedua tangan lurus ke atas lalu gerakkan ke kiri selama beberapa detik sambil menarik napas perlahan. Ulangi dengan gerakan ke arah kanan. Lakukan beberapa kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com