Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsultasi Kesehatan pun Bisa Virtual

Kompas.com - 14/07/2011, 10:41 WIB

KOMPAS.com - Pada suatu sore, Rio (28) yang menderita cedera kaki akibat bermain basket menunjukkan hasil pemeriksaan MRI (magnetic resonance image) kepada dr. Briliantoro Soenarwo, Sp.OT, yang akrab disapa dr.Toni.

"Sudah dipasang penyangga dan fisioterapi, tetapi sudah beberapa hari ini kaki masih terasa sakit kalau dipakai berjalan dok," kata pria yang berdomisili di kota Bandung ini.

Sejenak dr.Toni mengamati hasil MRI Rio. "Sepertinya ada bantalan yang robek, tetapi luka seperti itu sebenarnya bisa sembuh sendiri. Apakah kamu bisa melihat retakan ini ?" tanya dokter sambil menggerakkan mouse komputernya.

Meski bertatap muka, konsultasi yang dilakukan oleh Rio di Bandung dengan dr.Toni di Jakarta dilakukan secara virtual dengan bantuan Advantcare, media perantara yang bergerak di bidang kesehatan secara global.

Rio memang berkonsultasi untuk mencari opini kedua karena dokter yang menanganinya di Bandung menyebutkan mungkin ia harus dioperasi lututnya.

"Untuk sebulan ini tetap lakukan fisioterapi. Jika ada pembengkakan baru minum obat antiinflamasi," kata dokter ahli bedah ortopedi dari Halimun Medical Center Jakarta ini.

Konsultasi global

Kemajuan teknologi komunikasi kini juga berpengaruh pada cara dokter melayani pasiennya. Dengan akses internet yang mudah, kini pasien bisa berkonsultasi atau mencari opini kedua dari dokter di mana saja hanya dengan duduk di depan komputernya.

Advantcare merupakan salah satu penyelenggara layanan kesehatan yang bisa diakses melalui internet untuk bertemu dengan dokter spesialis yang termasuk dalam panel dokter yang menjadi mitranya.

Pasien dari mana saja bisa berkonsultasi dengan dokter yang dipilihnya secara live tanpa harus bepergian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com