Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2012, 08:42 WIB

TANYA : 

Dok Andri, saya adalah seorang perempuan yang terlalu sering menilai diri sendiri rendah dalam segala hal, termasuk secara fisik. Alhasil, saya kerap mengalami kesulitan bersosialisasi dan menjauhi orang-orang yang saya anggap lebih pintar ataupun lebih cantik. Selain itu, saya juga sering mensugesti negatif diri saya sendiri. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Terima kasih.

(Cherry, 24, Bandung)

 

JAWAB :

Cherry yang baik,

Memang sering kali kita lebih mudah menilai diri kita sendiri kurang baik daripada orang lain, padahal kenyataannya belum tentu demikian. Setiap orang dilahirkan unik dan mempunyai bakat masing-masing. Kalau ada yang bilang tidak punya bakat apa-apa atau tidak punya kemampuan apa-apa, sebenarnya mungkin belum menemukan dan mengasah bakat itu saja.

Orang yang tidak punya tangan dan kaki saja bisa melakukan sesuatu yang tidak terduga. Hal ini karena sebenarnya manusia memiliki kemampuan adaptasi yang terus berkembang. Otak juga memfasilitasi itu.

Kita bisa melihat ada orang yang cacat organ tubuhnya yang satu tapi organ tubuh yang lain berkembang jauh daripada orang yang normal sekalipun. Mengapa harus mensugesti diri negatif? Apa ada untungnya?

Kalau kita jelek karena sugesti diri sendiri apakah ada gunanya untuk orang lain? Apakah orang lain peduli? Hal ini mungkin yang perlu ditekankan. Kita hidup sudah dalam kapasitas dan kemampuan kita, temukan kemampuan itu dan asah lebih baik agar menjadikan hal yang berguna bukan hanya buat diri kita tetapi juga orang lain.

Semoga berguna

Salam Sehat Jiwa  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com