Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2013, 10:00 WIB

TANYA :

Dok... saya mau bertanya. Biasanya lelaki normal apabila melihat film biru dia mengalami ereksi. Tapi kok saya ketika melihat wanita hamil atau memikirkannya langsung terangsang sampai-sampai bisa masturbasi... Ada ada dengan saya? Anehnya kalau melihat film biru... saya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk bisa ereksi... Apa sebenarnya yang alami dan bagaimana cara pengobatannya? dan apa yang menyebabkan semua itu Dok...? Terima kasih atas penjelasannya.

(Darga, 23, Bandung)


JAWAB :

Reaksi sensual terjadi kalau ada rangsangan seksual yang diterima. Jadi, tergantung pada rangsangan seksual yang diterima, yang dapat bersifat fisik ataupun psikis.

Rangsangan yang bersifat psikis misalnya menonton film erotis atau khayalan yang erotis. Namun, reaksi terhadap film atau khayalan erotis tidak sama pada semua orang. Khayalan erotis tentu tidak sama bagi setiap orang. Artinya, film erotis tertentu dapat membangkitkan reaksi seksual pada seseorang, tetapi belum tentu demikian pada orang lain.

Demikian juga khayalan erotis, kalau Anda terangsang ketika melihat perempuan hamil, itu wajar saja. Boleh jadi ketika melihat perempuan hamil, Anda mengkhayalkan bagaimana kondisi bagian tubuhnya yang berkaitan dengan aktivitas seksual.

Sama halnya seseorang yang lebih tertarik terhadap lawan jenis yang kurus, sedangkan orang lain lebih tertarik pada yang lebih gemuk. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan ini.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com