Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/05/2013, 08:12 WIB

KOMPAS.com - Kita mungkin tidak dapat menang melawan penuaan yang terjadi secara alamiah. Namun dengan menjalani kebiasaan-kebiasaan sehat, tentu akan mencegah kita terkena penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Penyakit-penyakit tersebut dapat mempercepat proses penuaan yang menjadi penyebab kematian di usia muda.

Kendati percepatan penuaan ataupun penuaan secara umum merupakan proses yang kompleks, lima kebiasaan ini dapat membantu melawannya.

1. Makan sayur dan buah beraneka warna
Orang yang makan kombinasi sayur dan buah beraneka warna secara konsisten memiliki laju perkembangan penyakit kronik yang lebih lambat. Selain berat badan lebih terjaga, bonusnya adalah lebih panjang umur.

Aneka warna dari sayur dan buah menunjukkan kandungan nutrien dan antioksidan yang berbeda, sehingga memberikan manfaat yang berbeda pula. Maka semakin banyak kombinasi sayur dan buah yang dimakan, maka semakin lengkap tubuh kita mendapat manfaat darinya.

2. Makan EPA dan DHA
Asam eikosapentaenoik (EPA) dan asam dokosaheksaenoik (DHA) merupakan kunci awet muda. Orang dengan kadar EPA dan DHA yang tinggi dalam darahnya memiliki risiko yang rendah untuk penyakit jantung dan laju penuaan kromosom yang lambat. Makanan mengandung EPA dan DHA antara lain ikan salmon, tuna, halibut, mackerel, dan sarden.

3. Sikat gigi teratur
Tidak hanya baik untuk kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi teratur juga bikin panjang umur. Sikat gigi menghilangkan bakteri yang menyebabkan gigi keropos. Jika tidak dibersihkan, bakteri dapat bertambah banyak dan memasuki aliran darah sehingga menyebabkan inflamasi dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kesehatan gigi yang buruk telah dikaitkan dengan banyak risiko penyakit kronis.

4. Minum teh hijau
Teh hijau mungkin tidak dapat melawan sel kanker, namun dapat membantu menghilangkan tumpukan lemak berlebih yang menyebabkan percepatan proses penuaan. Menurut studi tahun 2010, teh hijau mengandung antioksidan epigalokatekin-3-galat (EGCG) dan kafein yang dapat membantu untuk mengurangi berat badan hingga 1,36 kg dalam 12 minggu dan mengecilkan lingkar pinggang.

5. Bergerak lebih banyak
Kurang bergerak aktif menyebabkan tubuh kehilangan massa otot yang mempercepat proses penuaan. Perubahan yang terjadi akibat umur pada otot dapat diperlambat dengan banyak bergerak aktif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com