Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2013, 10:44 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Kram kaki mungkin pernah dialami oleh hampir setiap orang. Meskipun tidak semua kram kaki menandakan kondisi medis yang serius, namun kondisi tersebut bisa saja mengganggu aktivitas.

Berikut adalah tiga cara untuk meringankan kram otot sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas saat mengalaminya.

1. Berjalan di lantai yang dingin.
Menurut Michael Peterson, peneliti dari departemen perilaku kesehatan dan nutrisi dari University of Delaware, sensasi dingin akan menghentikan jalur nyeri pada otot dan mengurangi kejang pada paha, betis, ataupun kaki. Selain berjalan di lantai dingin, alternatifnya Anda juga dapat menggunakan es batu yang ditempelkan pada bagian yang kram.

2. Minum jus acar.
Cara ini aneh, namun efektif. Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan, minum jus acar akan menyembuhkan kram otot dalam hitungan detik. Para peneliti menganalisa, komposisi dari jus meningkatkan reaksi neurologi yang membantu meringankan ketegangan pada otot.

3. Konsumsi elektrolit.
Peterson mengatakan, kurangnya kadar kalsium, magnesium, dan potasium seringkali menyebabkan kram otot. Karena itu mengonsumsi makanan yang kaya akan elektrolit seperti air kelapa atau pisang dapat membantu mengatasi masalah ini dalam 10 menit. Setelahnya, Anda bisa melakukan peregangan untuk meringankan gejalanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com