Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2014, 06:51 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com -- Ada banyak hal yang berada di luar kendali kita, kemacetan parah di jalan, gangguan perjalanan kereta, atau si kecil rewel saat akan ditinggal bekerja. Semua itu bisa berpengaruh pada mood Anda seharian.

Namun, ternyata ada kebiasaan kita dalam memulai hari yang tanpa disadari berpengaruh buruk pada kondisi emosi.

- Ngopi terlalu pagi
Ternyata waktu minum kopi punya pengaruh tersendiri pada tubuh. Level energi kita meningkat secara alami saat kita bangun. Karena itu jika bangun tidur kita langsung minum kopi, akan terjadi lonjakan energi yang membuat kita lebih gelisah. Minumlah kopi satu jam setelah bangun tidur, waktu di mana level energi kita mulai turun. Dengan demikian kopi akan membuat Anda lebih fokus dan berenergi hingga siang.

- Sarapan terlalu sedikit
Karena sedang diet, Anda memilih tidak sarapan atau hanya mengonsumsi sepotong buah. Menu sarapan itu bukan hanya membuat perut Anda gampang lapar, tetapi juga kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk membuat perut tetap kenyang hingga waktu makan siang.

Menu sarapan sebaiknya tetap terdiri dari protein, serat, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Sarapan tersebut akan membuat Anda tetap fokus dan tidak berkeinginan untuk mengemil sebelum jam makan berikutnya.

- Langsung cek e-mail
Ini adalah kebiasaan buruk yang harus Anda hindari. Bangun tidur langsung memeriksa gadget Anda untuk melihat e-mail hanya akan membuat stres sepanjang hari. Daripada mencemaskan pekerjaan, mulailah pagi Anda dengan sesuatu yang menenangkan, seperti melakukan peregangan, minum teh, atau mengobrol dengan pasangan dan anak. Anda akan lebih bersemangat dan produktif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com