Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2014, 04:42 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menjadi langsing ternyata bisa sesederhana urusan bangun lebih pagi untuk mendapatkan sinar matahari lebih banyak. Riset mendapatkan responden terlangsing bukan mereka yang paling baik pola makannya atau yang paling rajin berolahraga, melainkan mereka yang paling rajin bangun pagi.

Para peneliti di Amerika Serikat, Rabu (2/4/2014), mengumumkan efek bangun pagi tersebut berdasarkan studi yang melibatkan 54 orang. "Semakin awal terpapar cahaya matahari, indeks massa tubuh individu akan semakin rendah," ujar wakil ketua peneliti, Kathryn Reid, seperti dikutip dari AFP.

Research associate professor di Northwestern University untuk ilmu saraf ini pun mengatakan responden yang bangun lebih siang memiliki indeks massa tubuh lebih tinggi. Hasil riset diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE.

Rata-rata usia responden penelitian ini adalah 30 tahun. Mereka mengenakan alat pemantau di pergelangan tangan untuk mengukur paparan cahaya dan siklus tidur mereka. Para responden ini diminta mempertahankan pola makan mereka selama tujuh hari.

Cahaya matahari pagi ditemukan memiliki pengaruh terhadap massa tubuh seseorang, terlepas dari aktivitas fisik, asupan kalori, waktu tidur, usia, maupun musim. Studi ini mendapatkan cahaya pagi menyumbang sekitar 20 persen indeks massa tubuh seseorang.

"Cahaya adalah agen yang paling ampuh untuk menyinkronkan jam tubuh internal yang mengatur irama sirkadian, yang pada gilirannya juga mengatur keseimbangan energi," kata peneliti senior dalam penelitian ini Phyllis Zee. "Pesannya, Anda harus mendapatkan lebih banyak cahaya antara pukul 08.00 hingga tengah hari," ujar dia.

Tidak ada penjelasan, pukul 08.00 ini apakah berlaku universal ataupun hanya berdasarkan kondisi cahaya matahari di lokasi penelitian. Namun, penelitian tersebut mengatakan setidaknya 20 sampai 30 menit terpapar cahaya matahari sudah cukup untuk mempengaruhi indeks massa tubuh.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com