Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2014, 07:03 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Fitbie

KOMPAS.com — Di udara panas seperti sekarang, sekaleng soda dingin atau minuman es kopi dengan krim tentu sangat menyegarkan. Tetapi, berhati-hatilah karena kebiasaan mengasup minuman ini bisa membuat berat badan melonjak.

Sebenarnya, kita punya banyak pilihan minuman lain yang tak kalah menyegarkan dan bisa membantu menurunkan berat badan.

1. Air putih
Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik sangatlah penting saat Anda sedang ingin menurunkan berat badan. Minum cukup air akan menjaga keseimbangan cairan, mencegah rentensi cairan (penyebab utama perut kembung), bahkan meningkatkan rasa kenyang sehingga kita bisa mengurangi asupan makanan.

Jika Anda merasa bosan dengan air putih, tambahkan irisan lemon, mint, atau buah-buahan segar lain ke dalam air minum Anda.

2. Jus semangka
Asalkan jus ini tidak dicampurkan dengan gula, jus semangka adalah minuman yang menyegarkan untuk menghilangkan dahaga. Semangka adalah penghilang haus alami karena tingginya kandungan air dalam buah ini. Kelebihan lainnya, buah ini mengandung banyak nutrisi, termasuk likopen yang bisa mencegah kanker dan juga asam amino arginin yang bisa menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan massa otot.

3. Es teh "pepermint"
Kombinasi antara teh dan pepermint memiliki dua manfaat, menyegarkan sekaligus membantu membakar lemak. Pepermint juga punya khasiat membantu tubuh mencerna makanan tinggi lemak seperti steak atau burger.

4. Teh hijau
Minuman ini memang selalu ada dalam daftar minuman sehat. Kandungan katekin di dalamnya terbukti efektif menghancurkan lemak. Mengonsumsi secangkir teh hijau sebelum berolahraga bisa mengoptimalkan proses pembakaran lemak selama berolahraga.

5. Susu kocok cokelat
Jangan salah, milkshake cokelat ternyata bisa membantu proses penurunan berat badan dengan cara mengurangi nafsu makan. Meski begitu, karena kandungan kalori minuman ini cukup tinggi, yakni 400 kalori, sebaiknya jangan konsumsi milkshake bersama dengan menu makanan berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com