Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2014, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Kesehatan dan tumbuh kembang janin sangat dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi ibu selama kehamilan. Karena itu ibu hamil harus mengonsumsi makanan bergizi, termasuk ikan.

Rekomendasi untuk mengonsumsi ikan bagi ibu hamil dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya mereka juga memberikan panduan jumlah minimum konsumsi ikan setiap minggunya.

Bukan hanya ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak juga disarankan untuk lebih rajin mengonsumsi ikan. Disebutkan, populasi tersebut sebaiknya makan ikan 2-3 kali ikan dalam seminggu.

Jenis ikan yang disarankan adalah ikan yang kandungan merkurinya rendah, misalnya saja salmon, ikan cod, udang, atau ikan lele. Sementara itu ikan tilefish, ikan hiu, mackerel, dan todak, sebaiknya dihindari karena kadar merkurinya tinggi.

"Selama bertahun-tahun para wanita menghindari asupan ikan selama hamil dan menyusui. Mereka juga khawatir memberi ikan pada anak yang masih kecil. Tetapi studi-studi terbaru menyimpulkan bahwa menghindari ikan bisa membuat mereka kekurangan nutrisi penting yang baik untuk tumbuh kembang anak," kata Stephen Ostroff, ketua riset Food and Drug Administration AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com