Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2014, 08:14 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber foxnews


KOMPAS.com - Kita mengenal sejumlah rasa seperti asin, manis, pahit, dan asam, namun ada juga rasa lainnya yaitu umami atau rasa gurih. Studi membuktikan, rasa ini dapat memberikan efek yang unik terhadap nafsu makan.

Rasa umami dapat memberikan rasa kenyang lebih lama bertahan di mulut. Karena itu, makan-makanan yang kaya rasa umami mungkin dapat membantu untuk mengurangi bobot tubuh. Berikut makanan yang tidak hanya mengandung rasa umami, tetapi juga kaya akan gizi.

1. Jamur
Jamur mengandung 20 kalori setiap mangkuknya, namun dengan jumlah itu makanan ini sudah menyumbangkan banyak vitamin D yang dibutuhkan tubuh yang menekan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, osteoporosis, dan kanker jenis tertentu. Studi juga menemukan, kurangnya konsumsi vitamin D berhubungan dengan konsumsi lebih banyak lemak dan kadar lemak perut. Selain itu, jamur mengandung antioksidan unik yang membantu melawan proses penuaan dan penyakit jantung.

2. Truffle
Bahan pangan ini memang cukup langka dan mahal, namun rasa umami yang dikandungnya sangatlah kental. Truffle yang termasuk dalam golongan jamur ini bahkan disebut-sebut sebagai "berlian di dapur" karena kandungan gizinya yang tinggi dan rasanya yang memanjakan lidah.

3. Teh hijau
Manfaat teh hijau sangatlah banyak. Konsumsi rutin teh hijau telah diteliti berhubungan dengan penurunan risiko obesitas, penyakit jantung, tekanan darah, kanker, dan osteoporosis, sekaligus manfaat perlawanan terhadap proses penuaan.

4. Rumput laut
Rumput laut memiliki manfaat yang luas, dari mulai melindungi kesehatan jantung hingga mengurangi berat badan. Sebuah penelitian baru-baru ini menyimpulkan, sejumlah protein dalam rumput laut dapat menjadi obat tekanan darah tinggi karena komponen di dalamnya dapat membakar lemak tubuh lebih banyak.

5. Tomat
Kadar umami dalam tomat meningkat saat tomat dipanaskan. Rasa umami dari panganan ini juga dikatakan lebih mampu dirasakan oleh usus, sehingga lebih efektif dalam menekan nafsu makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com