Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpin Upacara Sumpah Pemuda, Menkes Singgung Revolusi Mental

Kompas.com - 28/10/2014, 11:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah pegawai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di lapangan Gedung Kemenkes, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (28/10/2014). Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini ini upacara dipimpin oleh Menteri Kesehatan yang baru, yaitu Nila F Moeloek.

Dalam sambutannya, Nila menyinggung soal revolusi mental yang ingin diwujudkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Nila, revolusi mental juga dapat diwujudkan melalui para pemuda di Indonesia.

"Revolusi mental yang dicanangkan Bapak Presiden Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju, pemuda yang berkarakter, berkapasitas, berdaya saing. Revolusi mental harus dapat dijadikan sebagai  pemicu pembangunan kepemudaan secara berkelanjutan," kata Nila.

Ia mengatakan, revolusi mental seperti yang dicita-citakan oleh Jokowi dapat dilaksanakan dengan adanya pemberdayaan dan pengembangan diri seseorang. Menurut dia, pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemampuan sehingga mampu menghadapi persaingan global.

Nila juga mengingatkan bahwa bahwa tahun 2015, Indonesia akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Kita akan memasuki MEA. Oleh karena itu, pemuda harus menjaga kebudayaan masyarakat yang toleran. Para pemuda harus terus dibangun menjadi pemuda yang unggul agar bisa mengikuti persaingan global sebagai pemuda yang berkompetensi," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Nila juga memperkenalkan dirinya dihadapan para pejabat eselon atau para pegawai Kemenkes. Seusai upacara, ia bersalaman dengan sejumlah pegawainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com