Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tweet Berisi Kemarahan Berefek Buruk bagi Jantung

Kompas.com - 24/01/2015, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Perhatikanlah apa saja yang selama ini Anda ungkapkan dalam twit di media sosial Twitter. Apakah apa yang Anda ungkapkan lebih banyak bernada optimisme, humor, atau justru kemarahan? Ternyata ada kaitan tak terduga antara apa yang sering Anda twit dengan kesehatan.

Menurut  sebuah  studi  di  University  of  Pennsylvania  yang  dipublikasikan  dalam  jurnal Psychological  Science,  kebiasaan kita dalam menuliskan isi twit  dapat  dipakai sebagai prediksi risiko penyakit jantung koroner. Bahkan prediksinya lebih baik dibandingkan dengan gabungan faktor risiko merokok, diabetes, pendapatan, dan pendidikan.

Semakin negatif isi twit Anda, yakni bernada kemarahan dan kecemasan, maka makin besar pula risiko Anda menderita penyakit jantung koroner. Sementara orang yang sering nge-tweet  bernada santai dan bahagia memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit ini.

Johannes Eichstaedt, ketua peneliti, menjelaskan bahwa bukan Twitter itu sendiri yang meningkatkan faktor risiko penyakit jantung. Apalagi usia para pengguna Twitter biasanya masih muda dibanding dengan usia orang yang risikonya menderita penyakit jantung cukup besar.  "Isi twit itu sendiri yang mewakili perasaan atau emosi kita, misalnya kemarahan, akan berdampak pada komunitas tertentu, " katanya.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan sifat pemarah terkait erat dengan penyakit jantung. Tentu saja orang yang tak bisa mengontrol emosinya, meledak-ledak, dan suka mengintimidasi orang lain, berdampak buruk. Emosi negatif tersebut akan meningkatkan hormon stres dan jantung berdetak lebih keras. Kalau sudah begini tekanan darah juga lebih mudah naik.

Di era teknologi informasi ini media sosial juga menjadi saluran penyampaian emosi. Termasuk kekecewaan dan kemarahan kita.

Media sosial memang kini mulai banyak dimanfaatkan untuk memprediksi risiko penyakit. Sebelumnya  Twitter telah digunakan untuk melacak penyebaran flu dengan mengidentifikasi di mana percakapan terbanyak mengenai gejala-gejala flu.

Media sosial juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi komunitas yang sedang bermusuhan, dan emosi yang tergambar dari isi twit tersebut bisa menunjukkan risiko serangan jantung.

"Permusuhan dan kemarahan sangat mungkin menyebar daris atu  orang  ke  orang  yang  lain,  bahkan  hal  itu  dapat  terjadi  di  lingkungan  yang  senyaman apapun," katanya.

Karena emosi dapat menular, ia menyarankan untuk menjauhi komunitas di dunia maya yang bisa memancing emosi  negatif. (Monica Erisanti)

 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com