Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eddie Redmayne Persembahkan Piala Oscar untuk Penderita ALS

Kompas.com - 23/02/2015, 18:05 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
– Aktor terbaik Academy Awards 2015 Eddie Redmayne, mempersembahkan piala Oscar untuk para penderita penyakit langka amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Ia sukses meraih piala Oscar tahun ini melalui perannya sebagai fisikawan Stephen Hawking yang mengidap ALS dalam film the Theory of Everything.

"Saya menyadari bahwa saya beruntung. Pria yang beruntung. Ini milik semua orang di seluruh dunia yang berjuang dengan ALS,” ujar Redmayne saat memberi sambutan di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (22/2/2015) malam waktu setempat atau Senin (23/2/2015) WIB.

Film ini diangkat dari kisah nyata Hawking seorang ilmuwan terkenal yang hidupnya berubah setelah menderita ALS sejak 1963. Redmayne sendiri mengaku menghabiskan waktu enam bulan untuk bisa menghayati peran sebagai penderita ALS.

ALS merupakan penyakit yang utamanya menyerang saraf motorik seseorang. Penyakit ini akan membuat saraf pada otot motorik atau pergerakan mengalami penuaan dan terus memburuk hingga memicu kematian saraf. Ketika saraf motorik mati, kemampuan otak untuk mengontrol pergerakan otot akan hilang sehingga penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan.

Penyakit ALS sempat dikenal luas melalui gerakan Ice Bucket Challange atau menyiram diri sendiri dengan air es yang dilakukan banyak masyarakat di seluruh dunia sebagai bentuk kepedulian terhadap pengidap ALS.

The Theory of Everything  ini pun bukan satu-satunya film yang sukses dengan mengangkat isu kesehatan. Film Still Alice yang bercerita tentang profesor linguistik menderita Alzheimer juga berhasil mengantarkan Julianne Moore (pemeran Alice) meraih aktris terbaik di ajang paling bergengsi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com