Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Overnight Oat", Cara Nikmat Menyantap Oatmeal

Kompas.com - 17/04/2015, 18:10 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang tidak suka makan oatmeal karena rasanya yang hambar. Padahal, makanan dari gandum itu tinggi serat dan kaya manfaatnya bagi kesehatan. Oatmeal juga biasanya hanya disantap saat sarapan.

Berbagai macam cara untuk membuat oatmeal lebih nikmat pun bermunculan, seperti overnight oat. Ini adalah oatmeal yang dicampur buah-buahan kemudian disimpan satu malam di dalam kulkas, untuk kemudian dimakan keesokan paginya.

Oat bisa diseduh dengar air panas saja maupun dicampur dengan susu. Selain buah-buahan ada pula yang mencampurnya dengan kacang-kacangan, seperti almond.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Nurul Ratna Manikam mengatakan, resep overnight oat memang bertujuan agar makan oat yang sehat lebih nikmat dan tidak membosankan.

"Itu biar variasi saja. Biasanya, kan makan oat hangat. Beberapa orang suka yang dingin-dingin. Apalagi toping-nya bisa macam-macam jadi enggak terlalu bosen. Kayak makan es krim saja," terang Nurul saat dihubungi Kompas.com, Kamis (16/4/2015).

Hal senada dikatakan Dokter Spesialis Gizi Klinik Laila. Menurut dia, pencampuran buah-buahan salah satu cara untuk menambah citarasa oatmeal. "Kalau makanan itu dicampur buah, hanya untuk.membuat rasa lebih enak. Buah itu sebenernya lebih bagus dimakan sendirian," kata Laila.

Sarapan oatmeal sendiri memiliki segudang manfaat bagi tubuh karena mengandung serat tinggi. Secangkir oatmeal diketahui mengandung 4 gram serat atau setara dengan satu buah apel.

Makanan yang tinggi serat juga mampu menurunkan kadar kolesterol. Berdasarkan studi tahun 2014 yang diterbitkan Nutrition Journal, oatmeal terbukti dapat membuat rasa kenyang lebih banyak dibanding menu sarapan lain. Lebih dari itu, oatmeal dikenal sebagai makanan yang menyehatkan jantung karena mengandung senyawa lignan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com