Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2015, 08:11 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin belum semua orang mengetahui penyakit lupus yang merupakan penyakit autoimun ini. Untuk mengenalkan penyakit lupus, Dewan Kreatif Rakyat (DKR) bekerja sama dengan Yayasan Lupus Indonesia akan menggelar International Film Festival for Environment, Health, and Culture (IFFEHC).

"Mengapa festival film? Di sini kami sengaja membuat penasaran, jadi orang-orang akan mencari tahu, apa itu lupus? Kami harap informasi seputar lupus jadi lebih banyak diketahui masyarakat," ujar Tiara Savitri dalam jumpa pers di Gedung Pusat Kebudayaan Rusia, Jakarta Pusat Rabu (6/5/2015).

Festival film ini juga untuk memeringati Hari Lupus Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Mei mendatang. Direktur IFFEHC Damien Dematra mengatakan, saat ini sudah ada lebih dari 250 film yang sudah mendaftar mengikuti festival film ini. Nantinya akan dipilih sekitar 30 film terbaik yang akan ditayangkan pada IFFEHC ketiga kalinya ini.

Sayangnya, menurut Damien insan perfilman Indonesia belum melirik film dengan tema kesehatan. Selama festival ini berjalan, hampir tidak ada karya dari Indonesia. Film yang dikirim oleh peserta dari luar negeri pun lebih banyak mengangkat tema penyakit seperti HIV-AIDS, kanker, alzheimer.

"Hanya ada satu yang mengirim tentang lupus," kata Damien. Padahal, menurutnya, film merupakan salah satu sarana terbaik untuk mengenalkan suatu penyakit sekaligus menghilangkan stigma dan diskriminasi oleh masyarakat.

IFFEHC rencananya akan berlangsung pada 9-19 Juni 2015. Di sela-sela IFFEHC rencananya juga akan diputar film L4 Lupus yang disutradarai oleh Damien. Pemutaran film pun terbuka untuk umum dan merupakan bagian dari kampanye "Jangan Diskriminasi Lupus".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com