Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Berlatih, Mengapa Perut "Sixpack" Tak Juga Muncul?

Kompas.com - 16/05/2015, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Memiliki perut sixpack adalah idaman banyak orang karena dapat menambah kepercayaan diri. Namun, beberapa diantaranya telah berusaha melakukan latihan namun masih tetap kesulitan memiliki perut sixpack? Mengapa demikian?

Mendapatkan perut sixpack memang memerlukan kedisiplinan dalam berlatih dan juga asupan makanan yang sehat. Apabila dilakukan dengan benar dan tepat, bukan tidak mungkin Anda akan segera memiliki perut sixpack.

Namun, beberapa diantara masih ditemui bahwa orang yang telah melakukan latihan keras tapi belum kunjung mendapatkan perut sixpack. Beberapa alasan berikut mungkin penyebabnya.

1. Terlalu banyak lemak di perut

Jelas, lemak yang tertimbun di perut dapat menutupi perut sixpack. Bahkan timbunan lemak tersebut bisa memicu perut buncit. Syarat utama untuk memiliki perut sixpack adalah memiliki presentasi lemak tubuh yang rendah.

2. Sit up setiap hari

Karena ingin mendapatkan perut sixpack, tidak sedikit yang beranggapan bahwa melakukan sit up setiap hari akan membantu mewujudkannya. Benar. Memang sit up sangat membantu pembentukan perut sixpack namun bukan berarti Anda harus melakukannya setiap hari.

Penelitian dari Pennsylvania State University menunjukkan bahwa melakukan sit up saja tidak cukup efektif. Hasil penelitian dengan menggunakan electromyography (EMG) menemukan bahwa dengan melakukan latihan plank ada aktivasi otot sebanyak 20 persen lebih banyak daripada sit up.

3. Kurang istirahat

Para peneliti dari Rambam Medical Centre di Haifa, Israel menyebutkan bahwa tidak cukup tidur bisa menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh yang meningkatkan stres, nafsu makan. Jika dibiarkan terus menerus, maka hal ini akan dapat menambah jumlah lemak di perut.

Penelitian lain dari University of Pennsylvania dalam jurnal Scientific Reports mengatakan bahwa orang yang kurang tidur selalu ingin mengonsumsi makanan yang berlemak. Tentunya, hal ini akan mengacaukan program Anda untuk membentuk perut sixpack.

4. Latihan kurang keras

Alasan terakhir adalah latihan yang kurang maksimal. Ilmuwan dari Universitas Laval di Quebec, Kanada menunjukkan bahwa latihan dengan intensitas tinggi jauh lebih efektif membakar lemak dibandingkan latihan dengan intensitas rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com