Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/05/2015, 10:15 WIB

KOMPAS. com - Cokelat selalu menjadi salah satu makanan favorit kaum hawa. Selain rasanya yang lezat, cokelat juga dipercaya berkhasiat bagi kesehaan. Nah, kabar terbaru berikut ini, tentu akan membuat penggemar cokelat sangat senang.

Menurut para peneliti di Inggris, sebatang cokelat bisa berfungsi sebagai zat ekstra antioksidan. Dengan kata lain, cokelat berkhasiat membuat kulit awet muda alias mencegah penuaan. Temuan ini, sudah diakui oleh sejumlah peneliti klinis dan medis yang bergerak di bidang kesehatan dan kecantikan kulit.

Laboratorium Cambridge University  merilis produk sebatang cokelat yang disebut Esthechoc. Produk Esthechoc ini telah diuji secara klinis. Esthechoc mengombinasikan proprietary, yakni zat polifenol sebagai salah satu sumber antioksidan terbesar, atau yang dikenal juga dengan sebutan astazanthin.

Para peneliti mengklaim, bahwa produk cokelat tersebut mampu meningkatkan sirkulasi kulit, serta mendukung peredaran aliran oksigen dari darah ke kulit menuju otak. Langkah ini adalah salah satu bagian dari detoksifikasi kulit, sekaligus cara menutrisi kulit secara intens.

“Kami mengajak orang-orang berusia 50 hingga 60 tahun untuk mencoba khasiat cokelat tersebut. Sejauh ini, kami melihat proses inflamasi kulit sudah mulai menurun ketika rutin mengonsumsi. Hasilnya, kondisi kulit mereka seperti kembali ke usia 20 atau 30 tahun. Ini adalah improvisasi psikologis kulit,” ujar Ivan Petyaev, pemimpin peneliti di Cambridge University dan pendiri Esthechoc seperti dilansir dari The Telegraph.

Pada satu boks cokelat seberat 7,5 gram ini, setiap batang cokelatnya mengandung 38 kalori yang juga cocok untuk para vegan. Cokelat yang bisa membuat awet muda ini juga mengandung susu. Namun, sebanyak 72 persen cokelat tersebut mengandung bahan kakao yang sudah disetujui oleh para nutrisionis.

Tapi, cukupkah zat antiokasidan untuk mencegah penuaan pada kulit? Menurut Keri Gans, registered dietitian, cokelat berkualitas tinggi sudah mencakupi seluruh zat yang bisa mengatasi gejala penuaan yang diperlukan kulit.

“Secara alami, cokelat memang mengandung flavanols yang mana adalah antioksidan. Mengonsumsi cokelat, akan menutrisi kulit dengan optimal. Dark chocolate aatau cokelat itam adalah cokelat berkualitas dan yang terbaik untuk asupan kulit sebenarnya,” papar Gans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com