Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting Konsumsi Cairan Elektrolit Saat Berolahraga

Kompas.com - 02/08/2015, 10:33 WIB
Dian Maharani

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Olahraga memang menyehatkan tubuh. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat olahraga agar tak berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi.


Dokter Spesialis Gizi Klinik Leane Suniar mengatakan, saat olahraga paling penting adalah jangan lupa minum. Minuman yang dikosumsi pun sebaiknya jangan hanya air putih, tetapi juga yang mengandung elektrolit. "Kurang dari 60 menit olahraga, minum air putih saja enggak masalah. Kalau sudah di atas 60 menit, minun minuman mengandung elektrolit," terang Leane dalam acara Running Clinic di Jakarta, Sabtu (1/8/2015).


Leane menjelaskan, cairan dalam tubuh akan banyak berkurang melalui keringat saat olahraga. Jika olahraga yang cukup menguras tenaga, cairan pastinya akan berkurang lebih banyak. Apalagi, saat cuaca terik seperti yang terjadi belakangan ini. Saat olahraga, elektrolit pun akan keluar bersamaan dengan keringat.


Keseimbangan elektrolit dapat mencegah kelelahan otot hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Kurang elektrolit dan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan dehidrasi, juga kram saat berolahraga. Selain pada minuman olahraga, elektrolit alami terkandung dalam air kelapa. Leane pun menyarankan untuk tidak minum air yang terlalu manis di pertengahan waktu melakukan olahraga. Setelah olahraga, boleh saja minum manis hanya untuk mengembalikan energi tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com