Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2015, 13:00 WIB
TANYA:

Salam sehat dokter citra. Gigi geraham bawah saya sudah berlubang dok dan sekarang sering sakit dan ngilu, lubang nya juga sudah besar, apakah bisa dicabut dok dan apabila dicabut apa masih terasa sakitnya atau tidak dok? Terimakasih, salam sehat dari saya.
Nofrit Ariyanto (22), Denpasar

JAWAB:

Hai Nofrit di Denpasar,
Gigi berlubang besar dan terasa sakit, belum tentu harus dilakukan pencabutan. Jika memenuhi persyaratan tertentu, seperti sisa gigi serta perbandingan mahkota dan akar gigi nya dapat menopang tambalan, tidak ada retak sampai ke akar gigi, dan keadaan jaringan di sekeliling gigi dan akar gigi tersebut baik.

Maka pilihan perawatannya adalah dilakukan perawatan saluran akar gigi. Tujuan perawatan ini adalah mempertahankan gigi yang tersisa dengan menciptakan kondisi yang bebas dari infeksi apapun di seluruh bagian gigi dan jaringan sekitar gigi, serta mengembalikan fungsi kunyah, fonetik, dan estetik melalui pembuatan tambalan gigi yang sesuai dengan bagian gigi yang tersisa.

Untuk melakukan perawatan saluran akar gigi ini, sebaiknya Anda segera mendatangi dokter gigi spesialis konservasi gigi (Drg., SpKG), sehingga penjelasan dan perawatan yang dilakukan akan lebih memadai sesuai kompetensi yang dimiliki spesialisasi tersebut.

Namun, jika ternyata gigi Anda sudah tidak dapat dipertahankan lagi, maka pilihan perawatannya adalah dilakukan pencabutan. Setelah dilakukan pencabutan, tentu saja rasa sakit dan ngilu yang selama ini sering dirasakan akan hilang.

Demikian Nofrit, semoga informasinya bermanfaat. Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com