Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Sebabnya Berat Badan Tak Turun meski Mengurangi Makan

Kompas.com - 28/09/2015, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Berbagai cara telah Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, mulai dari mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan, menghitung kalori, dan mengikuti berbagai program penurunan berat badan.

Namun, ketika Anda mendaratkan kaki di atas timbangan dan jarum tak bergerak ke arah kiri, tentu ada yang salah dari cara Anda menurunkan berat badan. Sebagai catatan, cara termudah, dengan menetapkan kebiasaan makan sehat dan berpikir sehat dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal lho.

Kunci dari menurunkan berat badan adalah mengonsumsi lebih sedikit kalori dari yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga berat badan Anda saat ini. Tapi, nyatanya hanya 11 persen orang Amerika yang benar-benar menyesuaikan asupan kalori harian ideal mereka, menurut  hasil survei terbaru. “Sisanya dari kita cenderung untuk melebih-lebihkan,” kata Bonnie Taub-Dix, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Itulah yang membuat kita sulit menurunkan berat badan. “Katakan Anda berasumsi dengan mengonsumsi 2.000 kalori per hari dapat mencapai berat badan ideal, tapi sebenarnya Anda cukup memenuhi 1.800 kalori. Kelebihan 200 kalori tersebut tentu akan berefek pada proses penurunan berat badan Anda,”

Anda bisa memperbaikinya dengan menghitung jumlah kalori sesuai kebutuhan tubuh untuk menentukan jumlah asupan maksimal dan menentukan batasan makanan serta camilan.

Kalaupun kalori maksimal Anda 1.800, bagi menjadi tiga kali 500 kalori dan satu kali 300 kalori untuk camilan. Ini akan lebih efektif ketimbang mencoba mempertahankan 2.000 kalori tanpa tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com