Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Kebiasaan Duduk Sambil Menyilangkan Kaki

Kompas.com - 23/10/2015, 07:10 WIB
KOMPAS.com - Duduk sambil menyilangkan kaki tanpa disadari sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Duduk dengan posisi ini juga membuat kita lebih nyaman. Adakah efeknya bagi kesehatan?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menyilangkan kaki dapat menyebabkan varises, kerusakan saraf dan tekanan darah tinggi.

Berdasarkan laporan dari BBC disebutkan, "Tidak ada efek kerusakan, asalkan tidak duduk dengan posisi yang sama sampai kaki terasa kebas".

Duduk dengan posisi kaki yang sama selama waktu yang cukup lama akan menyebabkan kelumpuhan saraf. Kondisi ini disebut peroneal nerve palsy. Hal ini bisa terjadi pada posisi duduk apa pun.

Walau studi menemukan bahwa posisi duduk sambil menyilangkan kaki berisiko tinggi menaikkan tekanan darah, tapi tidak berdampak jangka panjang. Tekanan darah bisa kembali normal jika posisi duduk kembali normal, kecuali jika Anda memiliki risiko besar mengalami pembekuan darah.

Mengenai risiko varises, ternyata hal ini belum terbukti. Satu pendapat mengatakan, varises bisa disebabkan faktor keturunan. Tetapi yang lain mengatakan menyilangkan kaki bisa merusak pembuluh darah sehingga terjadi kebocoran.

Tetapi, menyilangkan kaki ternyata juga punya manfaat, yakni cara sederhana menolong orang yang pingsan. Intinya adalah kemungkinan terjadi kerusakan masih ada, namun tidak begitu parah. (Muthia Zulfa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com