Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2015, 10:11 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber seventeen

KOMPAS.com - Efek pekerjaan yang menumpuk dan berbagai masalah lain, tidak hanya membuat mood Anda menjadi buruk tapi juga bisa berakibat negatif pada penampilan, tepatnya kulit Anda pun bisa ikut stres. Berikut ini efek stres pada kesehatan kulit, menurut para pakar.

 

1. Jerawat bertambah parah

Saat stres, tubuh kita mengeluarkan hormon kortisol. “Ketika hormon kortisol naik, kadar hormon testosteron akan ikut naik. Hormon khas pria ini (testoteron) menyebabkan terjadi lonjakan produksi sebum atau minyak di kulit sehingga menyebabkan jerawat memerah dan lebih meradang,” kata dokter kulit Neal Schultz, MD

Atasi dengan: Cuci wajah dua kali sehari untuk melenyapkan kelebihan minyak. Aplikasikan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri dan meredakan peradangan.

 

2. Mata Anda terlihat sangat lelah

Dalam kondisi stres, Anda akan cenderung kurang tidur. Hasilnya, sirkulasi darah Anda melambat sehingga pembuluh darah di bawah mata meluas dan menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata dan mata sembab, kata dokter spesialis kulit Jeanette Graf, MD.

Atasi dengan: Tidur cukup dan gunakan concealer dengan ujung yang mampu memijat kulit di sekitar mata agar mata nampak lebih cerah.

 

3. Kulit terlihat kusam

Kulit bercahaya Anda akan hilang begitu Anda dilanda stres, karena tubuh Anda kehilangan cairan sehingga tidak mampu menyingkirkan sel-sel kulit mati sebagaimana biasanya, jelas dokter kulit Amy Wechsler, M.D.

Atasi dengan: Anda membutuhkan hidrasi dan pengelupasan kulit. Solusi termudah: gunakan pelembab wajah dengan asam salisilat untuk mengelupas sel-sel kulit mati, sekaligus membantu kulit mendapatkan kelembabannya kembali.

 

4. Wajah Memerah

Peradangan adalah hasil lain dari stres. Selain itu, stres juga akan membuat kulit menjadi lebih sensitif, kering, dan teriritasi,serta dapat memicu ketombe pada wajah berbentuk serpihan kecil di sekitar hidung dan alis, kata Dr Schultz.

Atasi dengan: Anda bisa mengandalkan masker alami untuk menenangkan kulit, seperti masker bunga chamomile, mentimun, atau lidah buaya.

 

5. Kutikula Anda rusak

Menggiti kulu dan kutikula adalah kebiasaan umum orang yang sedang gugup atau stres. Menurut Dr. Wechsler, hal ini adalah upaya alam bawah sadar untuk mengontrol emosi.

Atasi dengan: Mengaplikasikan krim kutikula. Atau, jika memungkinkan, kenakan pewarna kuku berwarna hijau lembut. Penelitian menyebutkan, warna hijau lembut memiliki efek menenangkan emosi yang sedang galau.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com