Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Organik Bukan Satu-satunya Solusi Hindari Pestisida

Kompas.com - 18/11/2015, 11:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Penelitian sebelumnya sempat berpendapat kalau konsentrasi pestisida di tubuh anak-anak akan berangsur menghilang, ketika mereka beralih dari makanan konvensional menuju makanan organik.

Namun tampaknya, isi penelitian itu sudah kurang valid. Pasalnya, penelitian terbaru dari University of California, Berkeley, menunjukkan bahwa makanan organik belum tentu membuat semua anak bebas dari pestisida.

Lesliam Quirós-Alcala, asisten profesor kesehatan lingkungan di University of Maryland yang juga merupakan salah satu penulis utama studi tersebut, menjelaskan bahwa penelitian sebelumnya hanya melihat efek dari diet organik pada anak-anak yang tinggal di pinggiran kota. Sehingga ia dan timnya ingin mengetahui apakah hasil tersebut akan sama untuk populasi lain.

Para peneliti mengukur konsentrasi pestisida pada urin harian 40 anak California berusia 3-6 selama 16 hari. Anak-anak diambil dari beragam populasi, yaitu yang tinggal di perkotaan, pedesaan, hingga lingkungan pertanian.

Anak-anak diminta untuk makan makanan konvensional selama empat hari pertama dan kemudian beralih ke organik selama tujuh hari, sebelum kembali ke makanan konvensional untuk lima hari terakhir.

Para ilmuwan menemukan, anak-anak yang tinggal di daerah pertanian memiliki tingkat paparan pestisida lebih tinggi ketimbang populasi lain walaupun telah diberi makanan organik.

Anak-anak dari populasi lain pun nyatanya tak bebas 100% dari paparan pestisida. Artinya, mengonsumsi produk organik bukan satu-satunya cara untuk menghilangkan racun pestisida dalam tubuh anak.

Para peneliti menyimpulkan, makan makanan organik secara rutin hanya bagian dari solusi. Sedang solusi lain yang dianggap lebih penting ialah pastikan anak-anak Anda mengonsumsi makanan bergizi, bahkan jika Anda tidak mampu untuk membeli makanan organik sepanjang waktu.

"Semua orangtua harus memastikan bahwa anak-anak mereka menjalankan diet seimbang yang mencakup buah-buahan dan sayuran serta mengurangi makanan yang diproses. Walau Anda membeli bahan makanan organik, tetap ada kebutuhan untuk mencuci bahan makanan hingga bersih," kata Quirós-Alcala.

Tak kalah penting, orangtua juga harus menjaga rumah dari paparan pestisida seperti obat serangga. "Insektisida bisa menetap dalam ruangan dalam waktu lama dan anak-anak sangat rentan untuk terpapar racunnya,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com