Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2015, 14:31 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Anda mungkin sudah jutaan kali mendengar cara terbaik mengurangi berat badan. Sayangnya, tiap orang dinilai memiliki setidaknya satu jenis makanan tinggi kalori yang tak dapat ditolak.

Jika Anda mendapati kesulitan dalam mengurangi keinginan untuk makanan jenis makanan tertentu, dan itu seringkali membuat diet Anda gagal, cara mudah dan terbilang unik ini bisa anda coba.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menyebutkan, menghadirkan warna biru pada alat makan atau benda yang ada di meja makan dapat menjadi penekan nafsu makan yang baik, terutama menekan nafsu untuk memakan karbohidrat berlebih.


Pasalnya, warna biru memberikan efek langsung pada penilaian ditolak.


Untuk mendapatkan hasil tersebut, peneliti melibatkan 240 peserta yang diberi makanan ringan berupa popcorn dan cokelat chips. Makanan tersebut disajikan pada piring berwarna merah, putih, dan biru.


Hasilnya, mereka yang mengunyah popcorn atau cokelat chip dari piring biru makan lebih sedikit. Hal ini disebabkan, karena tampilan makanan di piring biru, menurut peserta, terlihat kusam dan menjijikkan. Sehingga, mampu menekan nafsu untuk makan banyak.


Dengan kata lain, ini bisa menjadi berita gembira bagi mereka yang ingin menekan nafsu makan tanpa mengeluarkan banyak tenaga.


Untuk efek yang sama, Anda juga bisa menempatkan beberapa serbet kain biru tua atau lilin biru pada meja makan. Walau tampak unik, hal ini bisa Anda coba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com