Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Ini Main Saksofon Saat Operasi Tumor Otak

Kompas.com - 24/12/2015, 16:59 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com – Operasi mungkin merupakan tindakan medis yang sangat menakutkan bagi kebayakan orang. Pasien biasanya akan berbaring dengan tenang dan diam selama proses operasi, karena bius total maupun saat bius lokal.

Tetapi, hal itu tidak berlaku bagi Carlos Aguilera (27). Musisi jazz ini malah bermain saksofon saat menjalani operasi tumor otak di rumah sakit. Dokter di spanyol yang menangani operasi itu pun terkagum-kagum seolah tak percaya.

Operasi berlangsung selama 12 jam pada Oktober 2015 di Rumah Sakit Malaga. Ada sekitar 16 dokter dan perawat dalam ruangan itu. Dokter sempat khawatir permainan musik Carlos akan mengganggu jalannya operasi. Namun, nyatanya tidak.

Saat itu dokter hanya memberikan bius lokal sehingga Carlos bisa tetap sadar dan berkomunikasi selama operasi. Di sela-sela operasi itulah Carlos bermain saksofon. Ia  meniup saksofonnya dengan perlahan dan dokter tetap menjalani operasi tumor otak.

Dengan kemajuan teknologi, operasi tumor otak dengan bius lokal bisa dilakukan. Dengan bius lokal, dokter bisa meminta pasien untuk membaca, menghitung, berbicara, bahkan bermain musik untuk memastikan bahwa daerah-daerah kritis di bagian otak belum rusak selama operasi.

Di Eropa, peristiwa operasi pasien sambil memainkan alat musik merupakan yang pertama kalinya terjadi. Video Carlos bermain saksofon saat operasi pun akhirnya dibuka ke publik setelah Carlos benar-benar pulih.

 “Saya seperti sedang berbaring di pantai. Rasanya tak percaya bahwa di video itu adalah saya. Dua bulan yang lalu saya berbaring di ranjang rumah sakit dan sekarang hidup menunggu saya. Saya seperti telah dilahirkan kembali,” kata Carlos dalam jumpa pers di Spanyol.

Setelah sepenuhnya pulih, Carlos kembali menjalani aktivitasnya sehari-hari dengan bermain saksofon dan kembali bergabung dengan orkestra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com