Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diprediksi Melahirkan Bayi Besar, Banyak Ibu Pilih Caesar

Kompas.com - 13/01/2016, 17:00 WIB
KOMPAS.com - Pemeriksaan kehamilan dengan USG mungkin bisa menjadi penyebab banyak ibu memilih metode persalinan lewat operasi caesar. Salah satu alasannya adalah mereka diprediksi bakal melahirkan bayi berukuran besar.

Malah, hanya satu dari lima ibu hamil yang diprediksi memiliki bayi besar ternyata benar-benar melahirkan bayi berbobot 3,9 kilogram atau masuk dalam kategori bayi berukuran besar (macrosomia).

Dalam penelitian terhadap 1.960 wanita. Sekitar 31 persen ibu hamil diberitahu bayi mereka kemungkinan "cukup besar". Tapi nyatanya hanya 1 dari 5 wanita yang bayinya besar.

Secara umum, rata-rata bobot bayi yang oleh dokter diprediksi besar itu adalah 3,5 kg.

Dampak dari kesalahan prediksi itu cukup besar. Calon ibu akan merasa "takut, cemas, dan tidak pasti" untuk melahirkan bayi berbobot besar. Mereka juga ingin "mengantisipasi trauma" sehingga memilih intervensi medis. Selain operasi caesar, pilihan lainnya adalah induksi dan obat antinyeri.

Metode induksi dikaitkan dengan peningkatan risiko autisme, sementara operasi caesar terkait dengan obesitas di usia dewasa dan gangguan kesehatan kronik.

Hasil penelitian itu juga menunjukkan tak mudah menentukan bobot bayi di dalam kandungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com