Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2016, 20:00 WIB
KOMPAS.com - Kita tidur setiap hari dan kegiatan itu sudah kita lakukan sepanjang hidup. Walau begitu, tak semua orang tahu bagaimana mendapatkan tidur yang berkualitas.

Pada Hari Kesehatan Tidur Sedunia Tahun 2016 tema yang diangkat adalah Good Sleep is a Reachable Dream (Tidur yang Baik, Sebuah Mimpi yang Bisa Dicapai). Tujuannya adalah mengampanyekan pentingnya tidur bagi kesehatan.

Walau terlihat sepele, ternyata tidur adalah sebuah sains dan ada berbagai faktor (biologi, kimiawi, emosional, fisik, dan gaya hidup) yang memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur.

Damiana Corca, ahli akupuntur spesialis tidur memberikan beberapa tips dan pengetahuan seputar tidur yang perlu kita ketahui.

1. Makin lelah tubuh, makin sulit kita tertidur. Ini sebabnya mengapa tidur siang sejenak atau berbaring setengah jam di siang hari bisa membantu mengatasi insomnia.

2. Insomnia bisa dipengaruhi oleh fluktuasi hormonal terkait siklus menstruasi. Ketahui pola tidur dan siklus haid bisa membantu kita melacak perubahan hormonal yang sedang terjadi.

3. Bangun tidur lebih awal dari pada kebanyakan orang, bahkan satu atau dua jam, merupakan tanda stres, kecemasan, bahkan depresi. Cobalah melakukan meditasi dan rileksasi. Perubahan yang dirasakan mungkin bertahap, tetapi peningkatan kualitas yang dirasakan makin lama semakin baik.

4. Mengonsumsi sarapan sehat, termasuk protein, tak lama setelah bangun tidur bisa memicu peningkatan kadar kortisol. Hasilnya, akan terjadi penurunan kortisol di sore hari sehingga saat malam rasa kantuk lebih cepat datang.

5. Makin kita merasa damai dengan diri sendiri, makin baik tidur kita.

6. Hilangkan ide-ide tidur yang ideal. Tubuh kita akan melakukan apa pun untuk tertidur agar bisa berfungsi optimal. Jangan pedulikan berapa lama kita tidur, tapi ingatlah perasaan yang kita alami saat bangun tidur.

7. Bangunlah pada waktu yang sama setiap pagi, berapa pun durasi tidur Anda. Bila Anda konsisten, jam biologis tubuh akan mengikuti sehingga secara alami tidur kita lebih efisien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com