Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kematian akibat Anestesi Bupivacaine Muncul di 9 Rumah Sakit

Kompas.com - 29/04/2016, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS — Kasus kematian pasien diduga terkait pemakaian anestesi Bupivacaine tidak hanya terjadi di Lampung. Secara total, kasus Bupivacaine terjadi di sembilan rumah sakit di tujuh kota dalam tiga pekan setelah kasus di Lampung terjadi.

Hal tersebut terungkap pada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi IX DPR, Kamis (28/4), di Jakarta. Rapat itu dihadiri pihak Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM), Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu, serta Perhimpunan Dokter Anestesi dan Terapi Intensif.

Ketua Tim Penelaahan Kasus Sentinel Serius Kemenkes Prof Herkutanto memaparkan, ada 12 kasus terkait Bupivacaine di sembilan rumah sakit di tujuh kota, yakni Pringsewu (Lampung), Denpasar, Mataram, Padang, Aceh, Surabaya, dan Bengkulu. Dari 12 kasus itu, 2 pasien selamat dan 10 pasien meninggal.

Sebanyak 12 korban itu terdiri dari 6 pasien sectio caesaria, 5 pasien urologi, dan 1 pasien tindakan medis lain. Pasien itu ialah 6 perempuan dan 6 laki-laki. Sebanyak 9 pasien di antaranya dewasa muda dan sisanya di atas usia 60 tahun. ”Gejala pada pasien setelah operasi berupa gatal, rasa terbakar, gejala hemodinamik, dan kejang,” ujarnya.

Penyebab kematian

Sejauh ini tim belum bisa menyimpulkan penyebab kematian semua pasien itu. Dari 12 pasien itu, 7 pasien memakai obat anestesi Bupivacaine spinal produksi PT Bernofarm dan 5 pasien memakai Bupivacaine produksi PT Dexa Medica. Tim hanya bisa menyatakan patut diduga kematian pasien itu berkait zat yang ada dalam Bupivacaine.

Sementara itu, Kepala Badan POM Roy Sparringa menjelaskan, pihaknya telah menguji Bupivacaine yang ada di RS Mitra Husada, Pringsewu, Lampung, pedagang besar farmasi di Lampung, dan mengaudit sarana produksi PT Bernofarm.

Hasilnya, tidak ditemukan potensi kontaminasi pada Bupivacaine, bahan baku Bupivacaine berasal dari industri Eropa yang punya sertifikat cara pembuatan yang baik (GMP) dan drug master file (DMF).

Cara pembuatan obat yang baik (CPOB) juga memenuhi syarat. Hasil uji semua produk Bupivacaine injeksi dari sembilan industri farmasi yang beredar pun memenuhi syarat.

Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf memaparkan, kasus Bupivacaine harus mendapat perhatian lebih serius sebab, selain di Lampung, kasus serupa terjadi di kota lain. Bahkan, dari 12 kasus, 10 pasien meninggal.

Dalam RDPU tersebut, sejumlah anggota Komisi IX DPR mengusulkan agar dibentuk panitia kerja kasus Bupivacaine. Itu bertujuan agar lebih fokus penanganan kasus itu. (ADH)

___________________

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 29 April 2016, di halaman 14 dengan judul "Kasus Bupivacaine Muncul di 9 Rumah Sakit".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com