Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill & Melinda Gates Danai Pelatihan Anjing Deteksi Malaria

Kompas.com - 31/05/2016, 18:39 WIB

KOMPAS.com - Kemampuan anjing terlatih untuk mendeteksi beberapa penyakit pada manusia bukan hal baru di dunia kesehatan. Salah satunya adalah deteksi dini kanker atau diabetes.

Yayasan amal Medical Detection Dogs di Inggris baru-baru ini mendapat dana dari Bill & Mellinda Gates Foundation untuk mengembangkan kemampuan anjing-anjing pintar itu.

Anjing yang dilatih oleh yayasan tersebut telah membuktikan kemampuannya sebagai asisten medis untuk membantu tuan mereka mengelola penyakitnya.

Dengan mengendus bau tubuh, anjing-anjing ini bisa mengetahui perubahan kadar gula darah pada orang yang sakit diabetes tipe satu, dan segera memberi peringatan. Yayasan tersebut juga bekerja sama dengan lembaga kesehatan pemerintah untuk mengendus kanker dari contoh urine.

Dana bantuan sebesar 70.000 poundsterling (sekitar 1,3 miliar rupiah) dari Bill & Mellinda Gates merupakan kolaborasi antara beberapa lembaga untuk meneliti apakah anjing-anjing pintar itu dapat mendeteksi malaria di Afrika.

Untuk mendeteksi penyakit malaria biasanya diperlukan tes darah di laboratorium. Dengan anjing, maka deteksi bisa dilakukan lebih mudah dan dapat dipakai pada contoh yang lebih banyak.

Bila pengujian itu berhasil, maka teknik yang sama akan diterapkan di negara yang bebas malaria untuk menguji secara cepat turis yang masuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com