Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2016, 03:12 WIB

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada bulan puasa, berbagai suplemen kerap diasup untuk menjaga ketahanan tubuh. Sebetulnya, kapan kita benar-benar memerlukan suplemen?

Prof. Hardinsyah, MS. PhD selaku Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia mengatakan bahwa suplemen tidak diperlukan kalau kebutuhan nutrisi sudah terpenuhi dari makanan. Masalahnya, apakah kita sudah memenuhi kebutuhan itu?

“Di era modern yang serba sibuk, terutama di kota besar, apakah kita sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian? Dengan alasan sibuk kerja, kadang waktu makan dilewati, kan?” tanya Hardinsyah dalam temu media bertema Pentingnya Keseimbangan Protein Untuk Kesehatan Optimal di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia memberi gambaran profesi jurnalis yang harus menembus kemacetan kota besar seperti Jakarta dan selalu dikejar tenggat waktu pengiriman berita. Kondisi tersebut berpotensi membuat pola makan berantakan.

Hal senada disampaikan oleh Maya Vianti Fibriani selaku Nutrilite Brand Manager. Kesibukan kerap membuat pola makan tak bervariasi dan banyak mengkonsumsi fast food atau makanan kemasan membuat tubuh kekurangan nutrisi, meski sering tak disadari.

“Ditambah polusi udara dan terik matahari. Itu turut memengaruhi kondisi tubuh, bisa dibilang memotong usia secara perlahan jika tidak diimbangi dengan asupan yang sehat dan teratur,” papar Hardinsyah.

Jadi, lanjut Hardinsyah, kalau ingin mengkonsumsi suplemen sebetulnya tidak ada salahnya. Baik di bulan puasa atau bukan.

“Jadilah konsumen cerdas dengan mencari tahu nutrisi apa saja yang sudah diasup dari makanan. Suplemen hendaknya melengkapi nutrisi yang kurang atau belum terpenuhi dari menu harian Anda,” imbuh Hardinsyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com