Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi di Italia Kekurangan Gizi karena Jadi Vegetarian

Kompas.com - 12/07/2016, 08:43 WIB

KOMPAS.com - Seorang bayi berusia 14 bulan di Italia mengalami kekurangan gizi setelah orangtuanya memberikan anak tersebut pola makan vegetarian tanpa suplementasi yang layak.

Harian The Telegraph melaporkan, bayi laki-laki tersebut dibawa ke rumah sakit oleh kakek neneknya karena berat badannya tak beda jauh dengan bayi baru lahir. Dokter menemukan kadar kalsiumnya sangat rendah.

Karena kadar kalsiumnya sangat rendah, bayi itu menderita gangguan jantung bawaan sehingga dokter terpaksa melakukan operasi darurat.

"Tak ada masalah untuk memilih nutrisi berbeda, tetapi sejak lahir seharusnya bayi mendapatkan asupan nutrisi yang tepat, terutama kalsium dan zat besinya," kata Luca Bernardo, direktur pediatrik di rumah sakit Milan, tempat bayi itu dirawat.

Pemerintah Italia kini mengambil alih pengasuhan bayi itu. Di Italia, diperkirakan 2,8 persen populasi penduduk memiliki pola makan vegan. Dalam 18 bulan terakhir empat anak dirawat di rumah sakit akibat malnutrisi.

The Academy of Nutrition and Dietetics sebenarnya tidak melarang orangtua menerapkan pola makan vegetarian pada anaknya, asalkan anak mendapatkan suplementasi (pengganti) vitamin B12, vitamin D, kalsium, dan zat besi, yang biasanya didapatkan dari produk protein hewani seperti daging, susu, dan telur.

Meski demikian, orangtua yang ingin menerapkan pola makan vegetarian tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gizi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com