Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2016, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Salah satu gejala kehamilan yang kerap dirasakan ada kelelahan. Apakah hal ini normal? Ternyata kondisi ini normal pada 12 minggu pertama kelelahan.

Namun, Anda yang merasa selalu lelah saat hamil, perlu melakukan berbagai cara untuk mencegah rasa lelah yang berlebihan dan dapat berujung pada ancaman kesehatan janin dan ibu hamil.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kelelahan pada ibu hamil. Beberapa ibu hamil mengalami gangguan tidur, sehingga tidak dapat tidur selama 10 hingga 12 jam. Kondisi ini akan menyebabkan ibu hamil tidak mendapatkan cukup energi saat bangun di pagi hari. Gangguan tidur pada ibu hamil bisa disebabkan oleh perubahan hormon dan gangguan lainnya.

Dalam beberapa kondisi, kelelahan juga bisa disebabkan oleh gaya hidup. Ibu hamil yang cenderung sering bergerak dan memiliki aktivitas padat, pastinya akan lebih mudah lelah. Misalnya saat hamil Anda memiliki anak balita yang tentu juga butuh diperhatikan.

Tapi, kurangnya aktivitas fisik juga menyebabkan ibu hamil akan mudah lelah. Lalu, apa yang perlu dilakukan?

Hal utama adalah beristirahat sebanyak mungkin. Pada malam hari, usahakan ibu hamil beristirahat lebih awal. Jika merasa susah tidur, Ibu hamil bisa melakukannya pada siang hari. Membuat kaki selonjor dan bersantai di siang hari akan membantu meningkatkan energi.

Tidak hanya soal istirahat, merasa lelah saat hamil bisa diatasi dengan memilih makanan yang tepat. Ibu hamil harus mendapatkan kandungan zat besi yang cukup dan menghindari makanan dengan gula tinggi. Hindari pula makanan atau minuman yang mengandung kafein, sebab proses pencernaannya justru dapat menguras energi Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com