Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2016, 15:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Pure Wow

KOMPAS.com - Sudah diketahui secara luas bahwa minuman anggur alias wine punya banyak manfaat sehat. Hebatnya lagi, mencium wangi anggur juga bagus mempertajam memori.

Dalam studi baru yang diterbitkan di Journal Frontiers in Human Neuroscience, periset dari Cleveland Clinic dan Université du Québec à Trois-Rivières menguji data MRI dari sekelompok ahli anggur sommelier.

Menurut penemuan baru itu, sommelier lebih sedikit kecenderungannya untuk menderita penyakit saraf seperti Alzheimer's, Parkinson's dan dimensia di usia lanjut mereka.

Mengapa? Sommelier dilatih untuk menggunakan memori penciumannya (atau pengenalan bau) untuk memahami jenis-jenis anggur. Bagian otak ini tidak dilatih ketika menggunakan indra yang lain seperti sentuhan, penglihatan dan suara.

Jadi, ketika kita menggunakan hidung untuk mengindentifikasi anggur dan asal daerahnya, kita sedang melatih bagian otak yang jarang dipakai. Hal ini menjaga pikiran tetap tajam dan melindungi dari penyakit degeneratif saraf otak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com