Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2016, 14:20 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan gigi dan mulut jangan dianggap sepele. Bukan cuma mencegah gigi berlubang, sebuah penelitian terbaru menunjukkan rajin menyikat gigi bahkan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Bagaimana bisa? Para peneliti dari Amerika Serikat telah melakukan uji coba terhadap pasta gigi khusus yang dapat mengusir plak dua kali lipat yang dibandingkan dengan pasta gigi biasa.

Para peneliti menemukan, mereka yang menggunakan pasta gigi khusus mengalami penurunan tingkat peradangan tubuh sebanyak 29 persen.

Angka tersebut menunjukkan, dengan membersihkan gigi saja mampu mengurangi peradangan yang tak jauh berbeda jika minum statin atau obat penurun kolesterol. Dengan statin, peradangan menurun 37 persen.

Ahli jantung, Dr Aseem Malhotra mengatakan, peradangan merupakan salah satu faktor penting dalam penyakit kardiovaskular. Peradangan yang terjadi di tingkat sel ini dapat diukur dengan melihat kadar protein C-reaktif.

Penelitian ini menguatkan temuan sebelumnya, yaitu orang dengan penyakit gusi lebih mungkin terkena sakit jantung. Untuk itu, Aseem mengingatkan pentingnya membersihkan kesehatan gigi dan mulut.

"Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Mengurangi konsumsi gula bisa membantu mencegah plak sekaligus meningkatkan kesehatan jantung," kata Aseem.

Dokter spesialis jantung dari University of Sheffield, Dr Tim Chico menambahkan, penelitian ini menunjukkan bahwa merawat kesehatan gigi  mampu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Namun, ilmuwan lain dari Oxford University, Dr Michael Holmes masih ragu dengan kesimpulan penelitian itu. Data penelitian itu dinilai belum bisa membuktikan keampuhan mengusir plak gigi untuk mencegah peyakit jantung.

Menurut dia, untuk membuktikan itu, harus kembali dilakukan penelitian yang lebih besar dengan melihat kaitan antara membersihkan gigi dengan penurunan kejadian penyakit jantung.

Baca juga: 9 Tanda Anda Mungkin Memiliki Penyakit Jantung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com