Salin Artikel

4 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

KOMPAS.com - Di tahun 2018, jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai 21.135.591 jiwa.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus meningkat, mengingat tidak semua penderita diabetes menyadari gejala yang dialaminya.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di tahun 2016 juga menggolongkan diabetes sebagai salah satu penyebab kematian nomor satu di dunia.

Melihat betapa mengeringtannya penyakit ini, bagaimana cara kita mengantisipasinya?

Salah satu cara untuk mengatasi diabetes adalah dengan menerapkan pola makan sehat demi mengontrol gula darah.

Pentingnya pola makan sehat

Jika kita telah menderita diabetes atau pradiabetes, dokter biasanya akan merekomendasikan kita menemui ahli gizi untuk membantu mengembangkan pola makan sehat.

Pola makan sehat ini bertujuan untuk membantu mengontrol gula darah (glukosa), mengelola berat badan, dan mengendalikan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan lemak darah tinggi.

Ketika kita mengonsumsi kalori dan lemak ekstra, tubuh akan mengalami peningkatan gula darah.

Jika hal ini tidak dicegah, tentunya dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, seperti kerusakan saraf, ginjal dan jantung.

Oleh karena itu, penderita diabetes harus benar-benar memperhatikan apa yang dikonsumsinya untuk menghindari lonjakan gula darah. Berikut beberapa makanan yang baik untuk penderita diabetes:

- Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti sawi dan bayam mengandung vitamin A, C, E, K, zat besi, kalsium, dan kalium yang mampu mencukupi kebutuhan vitamin serta mineral harian penderita diabetes.

Kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah juga tak lmudah membuat kadar gula darah melonjak naik. Kandungan seratnya juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. 

Kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah juga tak langsung membuat kadar gula darah melonjak naik. Serat yang dikandung juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk itu, tak ada salahnya rutin makan sayuran hijau setiap hari jika Anda penderita diabetes.

- Ikan 

Ikan biasanya mengandung omega 3 yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah pada penderita diabetes agar tak terlalu tinggi.

Selain itu, asam lemak omega 3 dapat membantu mengurangi munculnya komplikasi akibat diabetes seperti penyakit jantung, peradangan, dan hipertensi.

Namun, usahakan untuk mengolahnya dengan cara memanggang atau mengukusnya agar tidak ada karbohidrat dan kalori berlebih yang justru membuat olahan ini menjadi tak sehat.

- Kedelai

Riset dari Young-Cheul Kim di University of Massachusetts Amherst membuktikan bahwa kedelai merupakan salah satu makanan sehat untuk penderita diabetes. Kandungan isoflavon dalam kedelai mampu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai juga terbukti mampu meningkatkan sensitivitas insulin, yang membantu sel tubuh untuk menyeimbangkan gula darah.

Kandungan glikemiknya yang rendah juga sangat ampuh untuk menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.

Makanan yang harus dihindari

Diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, para penderita diabetes haru benar-benar memperhatikan pola makan agar risiko tersebut bisa diminimalisir.

1. Lemak trans

Lemak trans dapat meningkatkan peradangan, resistensi insulin, peningkatan lemak perut dan penyakit jantung.

Jenis lemak ini bisa ditemukan dalam makanan seperti margarin, selai kacang, olesan, krim dan makan malam beku.

2. Natrium

Natrium memang diperlukan oleh tubuh untuk mengatur keseimbangan cairan di tubuh kita dan membantu memaksimalkan fungsi otot.

Riset 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism membuktikan, penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi natrium berlebihan berisiko besar mengalami penyakit kardiovaskuler.

Bahkan, risikonya dua kali lipat lebih tinggi dari mereka yang mengonsumsi natrium dalam jumlah rendah.

Menruut Mayo clinic, sebaiknya kita mengonsumsi natrium kurang dari 2.300 miligram per harinya.

3. Kolesterol

Menurut American Diabetes Association,kadar kolesterol juga ikut melonjak ketika gula darah dan tekanan darah tinggi.

Gula darah, tekanan darah serta kolesterol tinggi ini adalah faktor risiko untuk terkena diabetes dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menghindari makanan yang tinggi kolesterol.

Makanan yang kaya akan kolesterol antara lain produk susu tinggi lemak dan protein hewani tinggi lemak, kuning telur, dan hati.
Usahakan agar kita tidak lebih dari 200 miligram kolesterol sehari.

4. Lemak jenuh

Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol darah yang memicu peningkatran risiko penyakit jantung.

Padahal, penderita diabetes berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, kita harus membatasi konsumsi lemak jenuh agar meminimalisir risiko terkena serangan jantung atau stroke.

https://health.kompas.com/read/2019/12/14/090000868/4-makanan-yang-perlu-dihindari-penderita-diabetes

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.