Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kulineran di Luar Rumah saat Virus Corona Merebak, Amankah?

Sejumlah aktivitas tatap muka belajar di sekolah dan kampus ditiadakan, destinasi wisata ditutup, sampai berbagai acara yang melibatkan banyak orang dibatalkan.

Di tengah imbauan untuk meminimalkan kontak dengan banyak orang tersebut, beberapa orang bertanya, "Bolehkah jajan atau kulineran di luar rumah?"

Melansir Insider, sejumlah pakar kesehatan menjawab sah-sah saja makan di luar di tengah wabah Covid-19. Namun, ada beberapa hal yang layak dipertimbangkan.

Berisiko bagi kalangan lansia dan pemilik penyakit kronis

Para ahli menyebut Covid-19 bisa berdampak saat menjangkiti orang berusia lanjut (lansia) dan pemilik penyakit kronis.

Untuk itu, orang di atas 50 tahun, penderita penyakit jantung, diabetes, dan penyakit paru-paru lebih disarankan tinggal di dalam rumah dan meminimalkan kontak dengan banyak orang karena lebih rentan tertular penyakit.

Sedangkan untuk orang sehat dengan imunitas prima yang ingin jajan atau kulineran di luar rumah, Anda disarankan untuk pergi ke luar rumah secukupnya.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan setop menyentuh area wajah.

Berada di tempat ramai atau kerumunan yang sudah banyak temuan kasus positif Covid-19 bisa meningkatkan peluang tertular penyakit.

Bijak memilih tempat dan jam makan

Pemilihan tempat makan atau kulineran juga perlu dipertimbangkan dengan seksama.

Anda perlu menimbang berapa banyak orang yang berkunjung ke sana, jarak tempat duduk satu sama lain, kondisi ventilasi udara, dll.

Semakin buruk ventilasi udara dan makin penuh sesak ruangan, risiko penularan penyakit apapun termasuk infeksi virus corona juga meningkat.

Alih-alih memilih tempat kulineran yang punya sirkulasi buruk, pilih tempat makan yang terbuka dan minim kerumunan atau antrean.

Demi alasan keamanan, Anda juga bisa menghindari puncak jam makan yang biasanya lebih banyak pengunjung.

Selain itu, pilih tempat makan yang menyediakan menu makanan yang bersih dan sehat.

Pasalnya, asupan memegang peranan penting untuk menjaga sistem daya tahan tubuh tetap prima.

Pastikan juga, kebersihan tempat makan untuk kulineran bisa diandalkan. Utamakan memilih tempat kulineran yang menyediakan tempat cuci tangan.

Pertimbangkan orang sekitar

Saat musim wabah penyakit, jangan hanya menjaga kesehatan diri Anda sendiri. Pertimbangkan juga kesehatan dan keselamatan orang lain.

Orang yang sehat perlu mempertimbangkan untuk kulineran atau makan di luar, apabila rentan membawa pulang penyakit bagi orang di rumahnya.

Di sisi lain, jangan lupa pertimbangkan, saat orang sehat makan di luar rumah atau kulineran, Anda secara tidak langsung membantu menggerakkan perekonomian dan membantu orang lain mendapatkan penghasilan.

Sebagai jalan tengahnya, apabila Anda rentan membawa pulang penyakit setelah jajan di luar tapi butuh kuliner dari luar rumah, gunakan jasa layanan pesan antar.

https://health.kompas.com/read/2020/03/15/180600268/kulineran-di-luar-rumah-saat-virus-corona-merebak-amankah-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke