Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Vitamin D3 dan Kebutuhan Per Hari

Vitamin D3 adalah jenis vitamin larut dalam lemak yang dikenal sebagai vitamin sinar matahari.

Saat terpapar sinar matahari, hormon yang diproduksi kolesterol akan menghasilkan vitamin D3 secara secara alami.

Berikut manfaat vitamin D3, kebutuhan per hari, serta cara mendapatkan vitamin D3.

Manfaat vitamin D3

Dilansir Verywell Health, fungsi vitamin D3 cukup vital atau penting bagi kesehatan. Antara lain:

  • Menjaga kesehatan otot dan tulang

Manfaat vitamin D3 untuk meningkatkan penyerapan kalsium di usus kecil. Penelitian membuktikan, vitamin ini mencegah patah tulang dan osteoporosis, serta meningkatkan kekuatan otot.

  • Membantu tubuh melawan infeksi

Penelitian lain menunjukkan, manfaat vitamin D3 membantu melindungi tubuh saat menghadapi infeksi, terutama infeksi saluran pernapasan.

  • Meningkatkan kesehatan mental

Studi juga menyebut, fungsi vitamin D3 potensial untuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental, terutama bagi penderita yang sedang bergelut dengan depresi.

  • Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah ahli melalui riset menemukan, orang obesitas dan penderita darah tinggi cenderung kekurangan vitamin D. Penelitian lain menyebut, vitamin ini dapat menurunkan tekanan darah, risiko stroke, dan serangan jantung.

  • Membantu menurunkan berat badan

Menurut penelitian, wanita menopause yang mengonsumsi vitamin D3 terbukti lebih efektif menjalankan program penurunan berat badan. Mereka mengalami penurunan lemak tubuh sampai lingkar pinggang.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, kebutuhan vitamin D3 per hari kebanyakan orang cukup 600 IU sampai 800 IU.

Orang dengan kondisi obesitas, memiliki gangguan kesehatan tulang, penderita gangguan penyerapan vitamin D atau kalsium, lansia, dan orang dengan kondisi medis tertentu membutuhkan vitamin D lebih banyak.

Konsultasikan dengan dokter terkait dosis atau kebutuhan vitamin D3 per hari, terutama jika sedang sakit atau memiliki kondisi medis tertentu.

Batas aman konsumsi vitamin D per hari tak boleh melebihi 4.000 IU. Konsumsi vitamin D3 berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Agar lebih aman, sejumlah ahli lebih menyarankan agar pemenuhan kebutuhan vitamin D3 per hari diupayakan dari cara alami.

Anda bisa berjemur di bawah sinar matahari atau mendapatkannya dari makanan. Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin D3 antara lain:

  • Hati sapi
  • Kuning telur
  • Ikan salmon, kembung, sarden, trout, tuna
  • Susu, keju, mentega
  • Minyak hati ikan kod

Jika sulit berjemur atau mengonsumsinya dari sumber alami, konsultasikan dengan dokter untuk perlu tidaknya mengonsumsi suplemen vitamin D3.

Tanyakan kepada dokter terkait dosis dan jenis suplemen vitamin D3 yang aman serta paling tepat. Hindari sembarangan mengonsumsi suplemen vitamin.

https://health.kompas.com/read/2020/12/24/140400068/manfaat-vitamin-d3-dan-kebutuhan-per-hari

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke