Salin Artikel

10 Cara Menghilangkan Sakit Kepala secara Alami

Pasalnya, sakit kepala termasuk gangguan kesehatan yang gampang muncul karena beragam penyebab.

Seseorang bisa sakit kepala saat stres, kurang nutrisi tertentu, kurang minum, sampai terkena infeksi.

Berikut beberapa cara menghilangkan sakit kepala secara alami yang mudah dan bisa dijajal di rumah:

1. Perbanyak minum air putih

Melansir Healthline, hidrasi atau menambah asupan cairan penting untuk membantu mengatasi sakit kepala.

Menurut penelittian, dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab umum sakit kepala jenis ketegangan dan migrain.

Ketika penderita sakit kepala migrain atau ketegangan yang segera diberi banyak air putih, masalah kesehatan ini bisa segera reda dalam waktu setengah jam sampai tiga jam.

Bila perlu, selain minum air putih penderita sakit kepala juga disarankan makan buah yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, pir, dan sebagainya.

2. Tidur yang cukup

Kurang tidur juga dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika Anda tidur kurang dari enam jam di malam hari.

Sebaliknya, terlalu banyak tidur atau tidur belasan jam per hari juga dapat memicu sakit kepala.

Untuk membantu menghilangkan sakit kepala secara alami, coba tidur cukup dan berkualitas selama tujuh sampai sembilan jam per hari.

3. Hindari makanan pemicu sakit kepala

Beberapa orang mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi makanan tertentu seperti keju, alkohol, cokelat, jeruk, sampai kopi.

Penelitian juga menunjukkan, beberapa orang yang sensitif histamin jadi sakit kepala setelah mengonsumsi makanan tinggi zat ini seperti keju, bir, minuman anggur, ikan asap, dan daging olahan seperti sosis sampai kornet.

Untuk mencegah masalah kesehatan ini, orang yang sensitif histamin atau alergi makanan tertentu sebaiknya menghindari segala makanan pemicu sakit kepala.

4. Gunakan minyak esensial lavender dan peppermint

Minyak esensial lavender dan peppermint juga dapat digunakan sebagai obat sakit kepala alami.

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami dengan minyak esensial peppermint cukup mudah. Oleskan sedikit minyak ini yang sudah diencerkan ke pelipis.

Sedangkan, cara mengatasi sakit kepala secara alami dengan minyak lavender sedikit berbeda.

Anda perlu menghirup aroma minyak esensial ini dengan diffuser, atau mengoleskan sedikit minyak ini di atas bibir untuk meredakan sakit kepala.

5. Kompres dingin

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami lainnya yakni dengan kompres dingin pada leher atau area sekitar kepala.

Kompres dingin membantu mengatasi sakit kepala dengan mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan menyempitkan pembuluh darah.

Cara menggunakan kompres dingin cukup praktis. Anda tinggal memasukkan es batu pada handuk lalu kompres pada leher, pelipis, atau dahi. Lakukan selama 15 menit secara berkala beberapa kali sehari sampai sakit kepala reda.

6. Kompres panas

Selain kompres dingin, kompres panas juga dapat membantu mengatasi sakit kepala secara alami, terutama jenis sakit kepala sampai ke leher.

Anda bisa meletakkan bantalan pemanas di leher atau bagian belakang kepala. Selain itu, coba untuk mandi air hangat yang efeknya juga mirip dengan kompres panas.

7. Minum teh atau kopi

Untuk sebagian orang yang tidak sensitif dengan kafein, minum kopi atau teh juga bisa membantu menghilangkan sakit kepala secara alami.

Tak hanya minum asupan berkafein, menghirup aroma minuman berkafein seperti teh atau kopi juga dapat membantu meringankan rasa sakit kepala.

Penelitian di Journal of Headache and Pain mengungkapkan, kafein dapat meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan, dan menyempitkan pembuluh darah, sampai meringankan sakit kepala.

Namun, perlu diingat orang yang terbiasa mengonsumsi kafein lalu tiba-tiba berhenti minum asupan ini juga kerap mengeluhkan rasa sakit kepala. Untuk itu, hindari berlebihan saat mengonsumsi asupan berkafein.

8. Lakukan pijat ringan

Beberapa penelitian membuktikan, memijat beberapa bagian tubuh bisa membantu menghilangkan sakit kepala secara alami.

Melansir Medical News Today, Anda bisa melakukan pijat mandiri untuk sakit kepala di rumah dengan memijat sekitar area di antara alis, leher, pelipis, atau cubit bagian atas hidung selama beberapa menit.

Pijat ringan ini dapat membantu meredakan sakit kepala karena otot tegang yang kemungkinan muncul saat stres.

9. Relaksasi

Relaksasi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala secara alami, terutama akibat stres.

Anda bisa melakukan beberapa jenis relaksasi saat masalah kesehatan ini menyerang. Opstinya bisa dengan yoga, meditasi, atau sekadar bersantai sejenak.

10. Minum seduhan jahe

Jahe mengandung zat antioksidan dan antiperadangan yang potensial untuk membantu mengatasi sakit kepala.

Sebuah penelitian terhadap 100 orang menemukan, konsumsi jahe efektif untuk menghilangkan sakit kepala jenis migrain.

Tak hanya meredakan sakit kepala, minum seduhan jahe juga membantu mengurangi gejala penyerta migrain dan sakit kepala parah seperti mual sampai muntah.

Agar lebih rileks ketika sakit kepala menyerang, sebelum minum wedang jahe, hirup sejenak wanginya sebelum menyeruput minuman ini.

Apabila beragam cara menghilangkan sakit kepala secara alami di atas sudah dicoba tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, segera konsultasikan ke dokter.

https://health.kompas.com/read/2021/08/19/160600368/10-cara-menghilangkan-sakit-kepala-secara-alami

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.