Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Penyakit Autoimun Lebih Banyak Menyerang Wanita daripada Pria?

KOMPAS.com - Penyakit autoimun atau dikenal juga dengan istilah gangguan autoimun termasuk kategori penyakit yang umum terjadi, bahkan di sejumlah negara menempati posisi ketiga terbanyak setelah kanker dan penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Medical News Today, penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan Anda tidak dapat membedakan antara sel Anda sendiri dan sel asing, menyebabkan tubuh untuk menyerang sel-sel sehat.

Sebuah penelitian berjudul “The Prevalence of Autoimmune Disorders in Women: A Narrative Review” yang diterbitkan Cureus pada Mei 2020, menunjukkan data bahwa sekitar 80 persen dari semua pasien yang didiagnosis dengan penyakit autoimun adalah wanita.

Penelitian tersebut juga memperkirakan bahwa penyakit autoimun dua kali lebih mungkin menyerang wanita daripada pria.

Mekanisme timbulnya pasti penyakit autoimun masih belum jelas. Tetapi, para ilmuwan telah menunjukkan dua kemungkinan alasan mengapa penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Ini adalah:

1. Genetika

Jumlah gen yang lebih besar yang berasal dari kromosom X (wanita memiliki dua sedangkan pria memiliki satu) menciptakan kemungkinan yang jauh lebih besar dari jumlah mutasi yang lebih besar.

Kondisi ini diyakini menempatkan wanita pada risiko yang lebih besar untuk pengembangan penyakit autoimun.

2. Perubahan hormonal

Penyakit autoimun cenderung memengaruhi wanita selama transisi endokrin utama, seperti pubertas, kehamilan, dan menopause.

Perubahan ini memengaruhi sistem kekebalan secara signifikan karena interaksi antara hormon, sistem kekebalan, dan organ lain dalam tubuh seperti kulit pada psoriasis.

Wanita biasanya mengalami lebih banyak perubahan hormonal daripada pria, membuat penyakit autoimun lebih umum pada populasi ini.

Sebuah penelitian berjudul “Autoimmune Disease in Women: Endocrine Transition and Risk Across the Lifespan” yang diterbitkan Front Endocrinol (Lausanne), menunjukkan bahwa wanita juga lebih mungkin didiagnosis dengan beberapa gangguan autoimun.

Faktor risiko penyakit autoimun pada wanita

Ada berbagai hal yang diyakini dapat meningkatkan risiko wanita memiliki penyakit autoimun.

Beberapa faktor risiko penyakit autoimun pada wanita yang telah teridentifikasi, termasuk:

1. Usia yang terkait dengan perubahan hormonal utama, terutama pubertas, kehamilan, dan menopause

Penyakit autoimun sering memengaruhi wanita mulai usia subur karena kehamilan sering mengakibatkan masuknya perubahan hormonal.

Perubahan kadar hormon pada wanita yang mengalami pubertas dan menopause juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit autoimun.

2. Riwayat keluarga dengan penyakit autoimun

Melansir Global Autoimmune Institute, beberapa penyakit autoimun diturunkan dalam keluarga, seperti lupus dan multiple sclerosis.

Risiko yang lebih tinggi dikaitkan dengan variasi genetik yang diturunkan.

Pemicu lingkungan tertentu dapat mengaktifkan bagian genom.

3. Memiliki penyakit autoimun

Wanita yang sudah memiliki penyakit autoimun lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit lain.

Memiliki lebih dari tiga penyakit autoimun dikenal sebagai multiple autoimmune syndrome (MAS).

4. Obesitas

Kelebihan berat badan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit autoimun.

Obesitas mengirim tubuh ke keadaan kronis peradangan tingkat rendah dan dapat mengancam respon imun yang sehat.

5. Merokok

Menghirup asap rokok berdampak pada sistem kekebalan tubuh melalui berbagai interaksi kompleks, termasuk respons inflamasi, penekanan kekebalan, disregulasi sitokin (molekul pensinyalan yang terlibat dalam autoimunitas), dan pengembangan autoantibodi.

6. Konsumsi obat-obatan tertentu

Obat tekanan darah tertentu, statin, dan antibiotik dapat memicu kondisi autoimun yang diinduksi obat seperti lupus, miopati, atau hepatitis autoimun.

7. Infeksi

Beberapa virus dapat mengaktifkan gen tertentu yang mempengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh, seperti virus Epstein-Barr, yang telah dikaitkan dengan lupus dan rheumatoid arthritis (rematik).

Gejala penyakit autoimun

Penyakit autoimun diketahui bisa sangat sulit untuk didiagnosis karena banyak dari mereka memiliki gejala yang sama atau memiliki gejala yang mirip dengan kondisi lain.

Meskipun ada tes penanda darah dan biopsi jaringan yang dapat digunakan untuk membantu mendiagnosis kondisi tertentu, seperti tiroiditis Hashimoto, penyakit Graves, penyakit celiac, dan rheumatoid arthritis, tidak ada tes tunggal yang dapat memverifikasi keberadaan semua penyakit autoimun.

Proses diagnosis mungkin membutuhkan bantuan juga dokter spesialis.

Dilansir dari Health Line, terlepas dari berbagai jenis penyakit autoimun, banyak dari mereka memiliki gejala yang sama, termasuk:

  • Kelelahan
  • Nyeri sendi dan bengkak
  • Masalah kulit
  • Sakit perut atau masalah pencernaan
  • Demam berulang
  • Kelenjar bengkak

Wanita lebih baiks egera mencari pengobatan ketika melihat gejala baru untuk mengidentifikasi atau menyingkirkan penyakit autoimun lebih awal.

https://health.kompas.com/read/2021/09/01/160200368/mengapa-penyakit-autoimun-lebih-banyak-menyerang-wanita-daripada-pria-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke