Salin Artikel

Apakah Tidur Siang Bisa Menambah Berat Badan?

Padahal, tidur siang yang baik dan tepat punya sederet manfaat untuk kesehatan.

Di antaranya bisa meningkatkan fokus, menambah energi, dan menurunkan stres.

Untuk memahami kaitan antara tidur siang dan berat badan, simak penjelasan berikut.

Apakah tidur siang bisa menambah berat badan?

Tidur siang bisa menambah berat badan atau tidak sangat tergantung dengan waktu beristirahat, pola makan, olahraga, dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Melansir The Indian Express, penelitian yang dikerjakan Harvard Medical School menemukan fakta, orang yang tidur siang dapat membakar kalori 10 persen lebih banyak.

Argumen penelitian tersebut yakni, kurang tidur dapat memengaruhi hormon rasa lapar atau ghrelin, sehingga orang cenderung banyak makan dan berat badannya bertambah ketika kurang tidur.

Alih-alih banyak makan atau mengemil, orang yang tidur siang berat badannya jadi tidak meningkat.

Namun, perlu diingat juga bahwa tidur bisa menambah berat badan apabila dilakukan langsung setelah makan siang.

Ahli gizi Deepshikha Agarwal mengatakan, orang yang mengonsumsi makanan tinggi kalori dan karbohidrat sederhana cenderung mengantuk setelah makan.

Tapi, tidur siang tepat setelah makan siang bisa memengaruhi kesehatan. Tak hanya menambah berat badan, imbas tidur siang setelah makan juga bisa menyebabkan asam lambung naik dari perut ke tenggorokan.

“Anda setidaknya menjaga jarak makan siang dan tidur siang selang satu atau dua jam agar berat badan tidak bertambah. Dengan begitu, tubuh punya waktu untuk mencerna makanan dan membakar lemak,” jelas dia kepada Healthsite.

Selain itu, pastikan Anda tidur siang dengan benar dan dibarengi kebiasaan sehat seperti menjaga pola makan seimbang, rajin olahraga, tidak begadang, dan meminimalkan stres. 

Tips tidur siang yang baik

Ada beberapa tips tidur siang yang baik bagi Anda yang sedang menjaga berat badan. Melansir Sleep Foundation, berikut beberapa di antaranya:

  • Waktu tidur siang yang baik antara pukul 12.30 sampai 14.00. Atur jadwal yang tidak terlalu dekat dengan jam makan dan hindari tidur siang di atas pukul empat sore
  • Tidur siang yang baik tak perlu berlama-lama, cukup 20 menit
  • Cari tempat yang nyaman untuk tidur siang, pilih tempat yang tidak silau, suhu udaranya nyaman, dan tidak bising
  • Agar lebih nyaman, gunakan penutup mata dan penyumbat telinga sehingga tidur siang tidak terganggu kondisi lingkungan sekitar

Setelah bangun dari tidur siang, berikan jeda sebentar sebelum melanjutkan aktivitas.

https://health.kompas.com/read/2021/09/30/143100968/apakah-tidur-siang-bisa-menambah-berat-badan-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.