Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal pada Wanita dan Penyebabnya

Pasalnya, studi menunjukkan wanita termasuk kelompok yang lebih berisko terkena penyakit ginjal kronis ketimbang pria.

Perlu diketahui, ada dua jenis penyakit ginjal, yakni penyakit ginjal akut yang membuat fungsi ginjal menurun drastis mendadak untuk sementara waktu.

Serta, penyakit ginjal kronis yang menyebabkan fungsi ginjal menurun secara bertahap sampai tidak berfungsi lagi atau gagal ginjal.

Sebelum masuk tahap gagal ginjal atau penyakit ginjal stadium akhir, ada beberapa ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal pada wanita yang muncul tapi tidak disadari. Simak penjelasan berikut.

Gejala penyakit ginjal stadium awal pada wanita

Ada beberapa gejala penyakit ginjal stadium awal yang pantang disepelekan, antara lain:

  • Sering lelah dan tidak bertenaga

Dilansir OnlyMyHealth, penumpukan racun di dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit ginjal. Kondisi ini di awal penyakit bisa memicu komplikasi anemia yang ditandai dengan sering lelah dan tidak bertenaga.

  • Susah tidur

Penyakit ginjal kerap membuat pengidapnya susah tidur di malah hari. Kondisi ini disebabkan proses penyaringan kotoran dan limbah di ginjal tidak berjalan optimal dan kotoran mengendap di darah.

  • Kulit kering dan gatal

Gejala penyakit ginjal stadium awal pada wanita yang khas yakni kulit kering dan gatal. Kondisi ini terjadi karena fungsi ginjal untuk menyeimbangkan mineral, nutrisi, dan cairan di dalam darah terganggu.

  • Sering kencing

Fungsi ginjal salah satunya untuk mengatur aliran urine di dalam tubuh. Ketika fungsinya terganggu, penderita penyakit ginjal bisa mengalami gangguan buang air kecil seperti sering kencing, terutama di malam hari.

  • Ada darah dalam urine

Ketika fungsi ginjal terganggu, sel-sel darah bisa merembes dari ginjal dan masuk ke dalam urine. Kondisi ini bisa jadi tanda bahaya dan tidak boleh disepelekan para wanita.

  • Kaki bengkak

Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal pada wanita yang perlu diwaspadai lainnya yakni kaki bengkak, termasuk di bagian pergelangan kaki. Kondisi ini disebabkan penumpukan natrium di dalam tubuh.

  • Urine berbusa

Tanda penyakit ginjal yang khas pada wanita lainnya yakni urine berbusa. Busa urine ini biasanya tidak mudah hilang seketika saat disiram. Kondisi ini disebabkan peningkatan protein dalam urine karena ginjal tidak mampu menyaring nutrisi dalam darah secara optimal.

Cara mendeteksi penyakit ginjal stadium awal pada wanita

Selain mengenali beberapa gejala penyakit ginjal stadium awal pada wanita, ada cara untuk memastikan ada tidaknya masalah kesehatan ini.

Dilansir dari Siemens Medical Solutions, cara mendeteksi penyakit ginjal stadium awal pada wanita, antara lain:

  • Pemeriksaan fisik dari dokter
  • Tes darah untuk melihat fungsi ginjal
  • Tes urine untuk menakar kadar albumin urine

Beberapa tes di atas bisa melihat tingkat kerusakan ginjal, termasuk kemungkinan ada tidaknya penyakit ginjal pada wanita.

https://health.kompas.com/read/2022/03/09/160100168/7-gejala-penyakit-ginjal-stadium-awal-pada-wanita-dan-penyebabnya

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke