Salin Artikel

Apakah Infused Water yang Menggunakan Daun Mint Bermanfaat?

KOMPAS.com - Seharian beraktivitas di bawah terik matahari membuat badan gerah dan meminum minuman dingin dan menyegarkan bisa menjadi jawabannya.

Salah satu minuman yang cukup populer karena rasanya yang segar dan dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah air detoks atau infused water.

Ada banyak buah yang bisa digunakan sebagai campuran dari infused water ini dan yang paling populer adalah daun mint.

Namun, apakah ada manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi infused water yang dicampur dengan mint? Bagaimana dengan efek samping yang mungkin timbul?

Manfaat infused water yang dicampur mint masih kurang

Melansir Healthline, daun mint memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena daun mint sendiri kaya akan antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi.

Tidak hanya itu saja, spearmint yang masih merupakan keluarga mint bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon.

Healthline menambahkan bahwa manfaat daun mint ini tidak bisa disamakan dengan manfaat yang bisa didapatkan ketika menyampurkannya dengan air karena kurangnya penelitian yang dilakukan.

Meskipun begitu, mengonsumsi infused water yang berisikan daun mint dipercaya bisa memberikan beberapa manfaat bagi tubuh.

1. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi air yang cukup bisa membantu dalam menurunkan berat badan, terutama jika mengonsumsi infused water sebagai pengganti minuman dengan kalori tinggi.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity pada tahun 2018 menunjukkan bahwa mengonsumsi air selama 5 kali dalam seminggu bisa menurunkan berat badan pada 71 partisipan penelitian ini.

Penelitian yang serupa juga dilakukan oleh peneliti dari Universidad Autónoma de Baja California yang diterbitkan di Jurnal Nutricion Hospitalaria pada tahun 2019.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mengganti minuman tinggi kalori dengan air bisa menurunkan sekitar 5.15 persen berat badan.

Meskipun penelitian yang melibatkan infused water dengan mint masih sangat kurang, namun mengganti minuman berkalori dingin dengan minuman ini, secara tidak langsung bisa membantu menurunkan berat badan.

2. Melancarkan pencernaan

Melasir Healthline, banyak orang yang mengonsumsi infused water dengan mint merasakan pencernaan yang semakin lancar dan sakit perut yang berkurang.

Meskipun begitu, penelitian yang dilakukan hanya berkaitan dengan produk olahan mint yaitu peppermint oil.

Salah satu penelitian diterbitkan oleh Jurnal Alimentary Pharmacology & Therapeutics pada tahun 2018.

Penelitian ini menunjukkan manfaat kapsul peppermint oil untuk mengurangi gejala Sindrom Iritasi Usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS).

Gejala IBS bisa lebih ringan dengan konsumsi kapsul peppermint oil karena kapsul ini membantu relaksasi otot polos, memberikan efek antimikroba dan anti-inflamasi.

Dari penelitian ini juga diketahui bahwa tidak banyak efek negatif yang dirasakan ketika mengonsumsi kapsul peppermint oil.

3. Membuat minum air terasa menyenangkan

Minum air putih mungkin berat bagi sebagian orang karena air putih tidak memiliki rasa apapun seperti jenis minuman yang lainnya.

Melansir Healthline, daun mint memiliki senyawa menthol yang memberikan sensasi dingin ketika diminum.

Dengan begitu, minum air yang dicampur daun mint akan terasa lebih menyegarkan jika dibandingkan dengan minum air putih biasa.

Efek samping

Tidak ditemukan efek samping yang berbahaya dari mengonsumsi infused water yang dicampur dengan daun mint.

Namun menurut panduan yang dikeluarkan oleh Institute of Medicine, National Academies di Amerika pada tahun 2011, orang dewasa memerlukan asupan air sebesar 2.3 hingga 3.8 liter setiap harinya.

Konsumsi air yang melebihi jumlah yang disarankan harus dikonsultasikan dulu dengan tenaga kesehatan, termasuk ketika mengonsumsi infused water dengan mint sebagai campurannya.

https://health.kompas.com/read/2022/07/31/103400768/apakah-infused-water-yang-menggunakan-daun-mint-bermanfaat-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.