Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Inggris Pilih Internet Saat Hadapi Masalah Kesehatan

Kompas.com - 14/01/2008, 21:12 WIB

LONDON, SENIN - Lebih dari sepertiga warga Inggris memilih informasi dari internet daripada datang berkonsultasi langsung ke dokter ketika menghadapi masalah kesehatan. Demikian hasil survei yang dipublikasikan, Senin (14/1).

Survei yang dilakukan salah satu stasiun televisi UKTV mengenai "penyakit-penyakit yang memalukan " ini menunjukkan bahwa 38 persen warga Inggris mencoba mendiagnosa diri sendiri dengan mencari jawaban di situs internet atas masalah kesehatan yang mereka hadapi.
   
Sebanyak 48 persen dari 2 ribu orang yang dilibatkan dalam survei tersebut mengatakan mereka enggan pergi ke dokter untuk konsultasi mengenai masalah kesehatan yang mereka hadapi. Salah satu alasannya adalah rasa malu akibat penyakit yang mereka idap seperti misalnya penyakit menular seksual atau bila menghadapai masalah organ reproduksi.

Adanya campur tangan dokter pada tahap dini dapat mencegah 44 persen tindakan bedah ringan."Sayang kalau mereka tidak memeriksakan diri ke dokter hanya karena malu karena sesungguhnya keterlibatan seorang dokter pada tahap awal dapat menghindari mereka dari kondidi yang lebih serius dan berakibat perlunya penanganan yang serius pula," kata Amanda Hamilton seorang pembawa acara kesehatan di stasiun televisi Inggris.

"Walaupun internet memberikan banyak informasi bermanfaat bagi masyarakat luas namun nasihat dokter yang menyediakan waktunya untuk mendengarkan keluhan pasiennya masih tetap memegang peranan penting ,"kata Hamilton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com