Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Masalah Kesehatan Lewat Buku

Kompas.com - 21/01/2008, 15:34 WIB

JAKARTA, SENIN - Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk memahami masalah kesehatan sehari-hari mulai dari membaca buku atau literatur, browsing melalui internet hingga konsultasi kepada ahli atau dokter.  Namun seringkali hambatan besar yang kerap ditemui adalah memahami istilah kedokteran yang terkadang terlalu berat untuk dicerna khususnya bagi yang awam.

Tak sedikit buku tentang kesehatan beredar di pasaran, mulai dari terbitan lokal hingga luar negeri. Walau demikian, masih jarang ditemui buku-buku dengan gaya bahasa sederhana dan dapat dijadikan panduan umum dalam mengenal beberapa penyakit, mendiagnosis atau mengenal gejala dan memberi gambaran tentang pengobatan.

Dilatarbelakangi fenomena itulah, Ikatan Alumni Universitas Indonesia Fakultas Kedokteran tahun 1983 (ILUNI FK'83) menerbitkan buku berjudul "Bunga Rampai Masalah Kesehatan Dari Dalam Kandungan Sampai Lanjut Usia", di Jakarta, Senin (21/1).  Peluncuran buku ini bertepatan dengan gelaran Dies Natalis Universitas Indonesia ke-58 Tingkat Fakultas Kedokteran.

"Saya kira 43 juta rumah tangga di Indonesia harus memiliki buku seperti ini. Buku ini memuat masalah serta penyelesaian problem kesehatan dari mulai kelahiran hingga usia lanjut.  Jadi penting sekali untuk memilikinya," ungkap Ketua ILUNI-FK, dr Doddy P Partomihardjo yang menambahkan bahwa buku ini juga merupakan sumbangsih para almuni kepada masyarakat setelah 25 tahun pengabdian di bidang kedokteran. 

Buku setebal 450 halaman ini merupakan kumpulan sekitar 61 tulisan karya para alumni FKUI 1983. Dengan penuturan yang ringkas dan sederhana, buku ini mencoba memaparkan berbagai problem serta isu kesehatan masyarakat sehari-hari mulai dari masa kehamilan, bayi, anak, ramaja hingga lanjut usia.

"Setelah membaca buku ini, masyarakat setidaknya sudah memiliki modal penting tentang kondisi kesehatannya sebelum berobat ke dokter. Dengan buku ini, mereka dapat mengenal dan menangani penyakit lebih awal. Jadi buku ini semacam how to be your own dokter at home ," ungkap Dekan FKUI dr. Menaldi Rasmin, SpP(K) FCCP.

Buku yang dipersiapkan selama sekitar 1,5 tahun ini sedianya akan segera hadir di pasaran dengan harga sekitar Rp.100 ribu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com