Hamil? Jangan Malas Mempercantik Diri

Kompas.com - 24/05/2008, 11:16 WIB
Editor

Kehamilan haruslah dinikmati. Meski kenaikan berat badan tak bisa dihindari, calon bunda tetap bisa tampil cantik dan sehat. Yuk, simak kiatnya.

Kulit Terawat
Kehamilan terkadang membawa perubahan pada kulit, misalnya lebih kering, berminyak, atau berjerawat. Jangan lupa untuk tetap melakukan perawatan wajah. Bersihkan sisa kosmetik sebelum tidur dan memakai pelembab serta tabir surya sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.

Peregangan kulit akibat perut yang membesar juga bisa menimbulkan rasa gatal atau guratan kecokelatan. Krim khusus atau baby oil memang bisa menolong menguranginya, tetapi banyak tidaknya guratan juga tergantung pada 'bawaan' tubuh masing-masing.

Pilih-Pilih Kosmetik
Rasa mual dan pusing selama hamil memang sering membuat malas ibu hamil untuk berdandan. Padahal make up bisa membuat wajah lebih cerah lho. Dengan tampil cantik dan segar kehamilan pun tak lagi dirasakan sebagai beban.

Saat hamil, sebaiknya Anda lebih cermat memilih kosmetika. Jika Anda memakai kosmetika khusus dari dokter kulit, konsultasikan apakah bahan yang dipakai aman untuk ibu hamil. Calon bunda juga tidak disarankan untuk facial dengan bahan kimia, seperti AHA, formaldehyde acid, glicolic acid, dan sebagainya, karena berbahaya bagi janin.

Rambut Sehat
Jika sebelumnya Anda memiliki jenis rambut berminyak, biasanya saat hamil kondisi rambut akan terasa lebih berminyak. Ada pula ibu hamil yang mengalami kondisi rambut kering dan bercabang.

Melakukan creambath boleh-boleh saja, terutama jika perawatan di salon akan membuat ibu hamil lebih rileks. Hanya saja jangan melakukan pemijatan kulit kepala terlalu keras. Pijatan lembut saat creambath justru bisa melancarkan peredaran darah.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.