Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asimo Bantu Dokter dan Suster di RS Gading Pluit

Kompas.com - 03/07/2008, 15:20 WIB

JAKARTA, KAMIS - Untuk kesekian kalinya Honda menghadirkan robot ASIMO ke Indonesia. Kamis (3/7), Robot humanoid itu menunjukkan kebolehannya membantu dokter dengan membawakan obat bagi pasien di Rumah Sakit Gading Pluit, Kelapa Gading, Jakarta.

Dengan membawa nampan di salah satu tangannya, ASIMO menyusuri lorong rumah sakit tersebut dengan lancar sejauh 25 meter menggunakan kedua kakinya. Sampai di salah satu ruang perawatan pasien, ia berbelok dan menghampiri dokter yang tengah memeriksa pasien. Penuh percaya diri, ASIMO menyerahkan nampan berisi obat tersebut kepada dokter.

Tak cukup membantu satu dokter. Setelah dokter pertama selesai dan mengembalikan tempat obat yang telah dipakai, ASIMO menghampiri dokter lainnya. Hal tersebut dapat dilakukan karena ASIMO dapat mengenali orang-orang yang dibantunya dari sensor yang telah dipasang sebelumnya. Di sepanjang lantai yang dilaluinya juga diletakkan sensor sebagai penunjuk jalan baginya tiap berjalan satu meter.

"Robot ASIMO merupakan salah satu pencapaian tertinggi Honda di bidang mobilitas dan teknologi masa depan yang humanis," ujar Yukihiro Aoshima, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor. ASIMO yang merupakan singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility telah membuktikan perannya sebagai asisten manusia.

Sementara menurut  Jonfis Fandy, Marketing and Aftarsales Service Director PT HPM, mengatakan peragaan ASIMO sebagai sahabat dan asisten manusia baru pertama kali ini dilakukan di Indonesia. Sebelumnya, Honda sudah beberapa kali memperkenalkan ASIMO di Indonesia, namun sekadar peragaan tunggal untuk memamerkan kemampuannya. Misalnya saat menyapa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Bahasa Indonesia saat hadir dalam perayaan Natal di istora Senayan Jakarta tahun 2006.

Robot yang dibawa ke Indonesia tahun ini adalah ASIMO generasi kedua, penyempurnaan ASIMO generasi pertama yang diperkenalkan tahun 2000. Teknologi mobilitas ASIMO mengalami perkembangan pesat dibandingkan generasi terdahulu. Kemampuan yang ditingkatkan antara lain bergerak dalam pola lingkaran dan berlari hingga kecepatan 6 kilometer perjam.

Kemampuan ASIMO berinteraksi dengan manusia juga semakin sempurna. Misalnya, menyambut tamu, berjalan bergandengan tangan, membawa nampan, dan mendorong kereta. Sebelumnya ASIMO dapat naik dan turun tangga dengan membawa benda hingga dua kilogram, berdansa, melambaikan tangan, serta berbicara dalam berbagai bahasa.
 
Selain di RS Gading Pluit, ASIMO juga akan berkeliling ke Indonesia untuk menunjukkan kebolehannya sepanjang bulan Juli ini. Pada tanggal 6 Juli 2008, Asimo akan menghibur anak-anak di Kandang Jurank, Tangerang. Tanggal 11-20 Juli 2008 Asimo akan unjuk kebolehan di arena IIMS (Indonesia International Motor Show) 2008. Sementara tanggal 25-27 Juli 2008 hadir pada Asimo Show di Surabaya.(C8-08)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com